Peristiwa

Buddhayana Culture Expo 2023 : Persatuan dalam Keberagaman

82
×

Buddhayana Culture Expo 2023 : Persatuan dalam Keberagaman

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) ~ Dalam memperingati Asadha Puja 2023 dan 100 Tahun Bhikkhu Ashin Jinarakkhita Mahasthavira, Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) Kota Surabaya menggelar Buddhayana Culture Expo 2023 bertema “Persatuan dalam Keberagaman” di Grand Atrium Pakuwon Mall Surabaya, Jawa Timur.

Ketua Acara Buddhayana Cultural Expo Yan Purnomo Gunawan engatakan beragam kegiatan digelar dalam Buddhayana Culture Expo. Di antaranya; pameran dan edukasi sosok Mahabiksu Ashin Jinarakkhita, pameran kebudayaan penyebaran Agama Budha di Indonesia dan dunia. “Semoga acara ini bermanfaat dan makin menyatukan keberagaman dalam kehidupan di masyarakat,” harapnya.

Peristiwa suci Asadha merupakan peristiwa yang mempunyai arti yang amat penting, bahkan mempunyai nilai keramat bagi kemanusiaan. Sebab, dengan terjadinya peristiwa Asadha itulah, maka sampai saat ini umat Buddha masih dapat mengenal Buddha Dhamma yang merupakan rahasia hidup dan kehidupan ini; Buddha Dhamma yang indah pada awalnya, indah pada pertengahannya, dan indah pada akhirnya.

Perayaan Asadha Puja adalah perayaan yang memperingati hari pertama kalinya sang Buddha membabarkan Dhamma kepada lima petapa yang bernama Kondanna, Bhadhiya, Vappa, Mahanama, Assaji di taman rusa Isipatana yang ada di Benares. Dhamma yang merupakan dasar ajaran Buddha yang dibabarkan oleh sang Buddha berupa Empat Kebenaran Mulia dan Jalan Tengah Berunsur Delapan menjadi ajaran utama Buddhisme.

Agama Buddha masuk ke ke Indonesia melalui sejarah yang Panjang. Y.A. Maha Nayaka Sthavira Ashin Jinarakkhita, adalah biksu Indonesia pertama setelah runtuhnya kerajaan Majapahit, Tanpa kenal lelah Y.A. Maha Nayaka Sthavira Ashin Jinarakkhita berkeliling ke seluruh Indonesia untuk membabarkan Dharma dan membimbing latihan vipassana.

Di berbagai tempat umat Buddha menjadi tersadarkan untuk berhimpun dan mempraktikkan Dharma. Pemerintah Republik Indonesia memberi penghargaan Bintang Mahaputra Utama kepada Mendiang Y.A. Maha Nayaka Sthavira Ashin Jinarakkhita atas jasa-jasanya yang luar biasa terhadap Negara dan Bangsa Indonesia (Keppres R.I. Nomor 056/TK/Tahun 2005, ditetapkan di Jakarta pada tanggal 9 Agustus 2005) Y.A. Maha Nayaka Sthavira Ashin Jinarakkhita, akan senantiasa dikenang oleh umat Buddha Indonesia dan semangat perjuangan beliau seyogianya terus diteladani oleh para penerusnya.

Hadir pada acara pembukaan Buddhayana Culture Expo 2023 yakni Gubernur Jawa Timur yang diwakili oleh Asisten 1 Pemprov Jatim Benny Sampirwanto, Walikota Surabaya yang juga diwakilkan, Sekretaris Sangha Agung Indonesia Jawa Timur Bhikkhu Nyana Dharmamaitri Mahathera bersama dengan Bhikkhu Viriyanadi Mahathera, Bhikkhu Vijjananda Passadiko Mahathera, dan Bhikkhu Nyanasila Thera.

Hadir pula Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH. Said Aqil Siroj, Ketua Permabudhi Jawa Timur, Pembimas Buddha, Ketua Umum MBI yang diwakili oleh We Tik, serta segenap Pengurus Daerah dan Pengurus Cabang di Jawa Timur. (q cok, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *