Bupati Zairullah Azhar Minta BPD Harus Peka Terhadap Kondisi Wilayahnya

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Bupati Tanah Bumbu menegaskan bahwa anggota Badan Perwakilan Desa (BPD) harus peka terhadap kondisi wilayahnya, mulai dari jumlah anak yatim jumlah janda tua dan para jompo dan berapa luas jalan yang harus diperbaiki serta bagaimana perekonomiannya.

Dengan demikian, BPD harus berkomunikasi dengan Dinas Pemdes dan Kepala Desa terkait berbagai permasalahan yang harus dituntaskan.

Hal ini dikatakan Bupati Tanah Bumbu dr.HM.Zairullah Azhar saat melantik anggota BPD Desa Pejala, Rabu (14/07/2021) Kecamatan Kusan Tengah.

“Kalau kita tahu permasalahan, atomatis bekerja jadi gampang, begitu juga pejabat, apalabila kita lebih tau segala apa yang ada diwilayah kerjanya, akhirnya kita akan mudah melangkah dan membuat perencanaan,” kata Zairullah Azhar ditengah suasana pelantikan.

Dia menambahkan, ada tugas BPD yang utama baik secara normatif maupun formal, pertama membuat peraturan Desa. kedua menyusun perencanaan anggaran dan yang ketiga melakukan pengawasan.

“Keberhasilan BPD harus ada perencanaan dan itu berarti harus membangun hubungan dengan kepala Desa. Setelah direncanakan tentu harus dilaksanakan.” ujarnya.

Untuk mewujudkan pelaksanaan itu pihak BPD harus memiliki kemampuan human relation yakni kemampuan membangun hubungan baik dengan yang lainnya.

“Kata Nabi, kalau kamu ingin sukses dan berhasil dalam hidupmu maka perbaiki hubunganmu antar sesama. Disamping itu sebagai BPD harus melengkapi diri dengan berbagai ilmu, karena BPD akan bisa bekerja kalau di dukung warga.” Tutupnya. (q cox, Imran)

Reply