Camat Mappaturung Siapkan Langkah Jitu untuk Memajukan Wilayah Kelurahan

TAKALAR-SULSEL (Suarapubliknews) – Mappaturung S.Sos Camat Mangarabombang, Kabupaten Takalar, Provinisi Sulsel, menyiapkan langkah jitu dalam upayanya memajukan wilayah dan pemerintahan di tingkat Kelurahan.

Karena menurut dia, majunya suatu kelurahan bukan ditentukan oleh dana yang banyak dan lahan yang luas serta penduduk yang banyak, tetapi sangat ditentukan oleh inovasi dan sinergitas antara pemerintah Kelurahan dengan masyarakat setempat.

“Inovasi tidak hanya terhadap pembangunan fisik saja, tetapi juga kepada pelayanan kepada masyarakat dan juga inovasi dalam pemberdayaan masyarakat yang lebih menyentuh lagi terhadap peningkatan perekonomian masyarakat,” ucap Mappaturung kepada media ini saat ditemui di ruang kerjanya. Jum’at 18/10/ 2019.

Untuk itu, kata dia, sangat diperlukan pula sinergitas antara pemerintah setempat dengan masyarakat, sinergitas antara program dan kegiatan dengan masyarakat sehingga lebih mudah menjalankan program dan kegiatan.

“Kalau sudah menyatu masyarakat dengan program pemerintah kabupaten Takalar P22 yang penuh dengan inovasi yang meningkatkan pelayanan dan peningkatan perekonomian masyarakat maka kelurahan itu akan cepat maju dan masyarakatnya juga akan sejahtera,” tandasnya.

Sementara menurut keterangan Lurah Mangadu, Zulkifli Andi, sekalipun inovasi dan sinergitas yang diutamakan, masalah pemerintahan dan kewilayahan juga tidak bisa diabaikan, sebab pemerintahan merupakan komponen yang utama dalam meningkatkan kemandirian.

“Kemudian pelaksanaan pemerintahan yang profesional dalam rangka tata kelola pemerintahan yang baik untuk mewujudkan Nawacita pertama di tengah masyarakat, yang diikuti pula dengan penyelenggaraan bidang kewilayahan dan kemasyarakatan demi terwujudnya Kelurahan yang maju dan mandiri,” paparnya.

Lanjut Zulkifli mengatakan, Kelurahan Mangadu, sudah sangat banyak diberikan inovasi oleh masyarakat terutama dalam Program pengerjaan Fisik maupun pemberdayaan dan pelayanan kepada masyarakat,

“Untuk meningkatkan keindahan lingkungan masyarakat, telah dibina beberapa Masyarakat untuk Wanita, dengan usaha memanfaatkan semua pekarangan rumah untuk menanam bunga agar kelurahan bersih, indah dan nyaman,” pungkasnya. (q cox, Wahyu)

Reply