NasionalPemerintahan

Cegah Stanting, DPMD Pemkab Tanah Bumbu Gelar Pelatihan KPM

20
×

Cegah Stanting, DPMD Pemkab Tanah Bumbu Gelar Pelatihan KPM

Sebarkan artikel ini

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) dengan melatih Kader Pembangunan Manusia (KPM), yang diinisiasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dengan tema “Cegah Balita Stunting Pada 1000 Hari Pertama Kelahiran”.

Pelatihan dibuka oleh Bupati H.M. Zairullah Azhar melalui Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Andi Aminuddin, bertempat di Sekretariat TP PKK Tanbu Jalan Transmigrasi KM 4,5, Sarigadung, Kecamatan Simpang Empat.

Sambutan Bupati Tanah Bumbu melalui Andi Aminuddin menyambut baik dengan digelarnya pelatihan KPM dalam rangka mencegah stunting di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Pelatihan KPM ini memiliki peran penting dan strategis dalam upaya kita melakukan pencegahan stunting,” ucapnya.

Menurut Bupati, peran KPM untuk membantu melakukan pemantauan layanan pencegahan stunting pada 1000 hari pertama kehidupan (HPK) anak serta memastikan bahwa setiap desa mendapatkan layanan yang berkualitas.

Kepada peserta pelatihan, Bupati Zairullah berharap para peserta bisa mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh, sehingga nantinya menghasilkan kader KPM yang handal dan profesional serta penuh pengabdian dalam melaksanakan tugas.

Sementara itu, Kepala DPMD Tanbu, melalui Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Lembaga Kemasyarakatan, Maulida Hayati mengatakan, bahwa KPM adalah masyarakat desa yang dipilih untuk membantu pemerintah desa.

Tugasnya, papar Maulida, memfasilitasi masyarakat untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengawasi kegiatan pembangunan sumber daya manusia yang ada di desa, juga memfasilitasi pelaksanaan pencegahan dan menurunkan angka stunting di tingkat desa.

Menurut Maulida, tujuan digelarnya kegiatan pelatihan KPM yakni untuk meningkatkan peran dan fungsi KPM dalam menurunkan angka stunting di Tanah Bumbu.

“Harapannya setelah pelatihan ini, KPM dapat meningkatkan kinerjanya di desa dalam rangka mencegah stunting,” ujarnya.

Hadir pada pelatihan tersebut, Kepala DPMD Tanbu Nahrul Fajeri, Sekretaris Disdikbud Tanbu Abdul Latief, Sekretaris TP PKK Tanbu, dan undangan lainnya. Yang bertindak sebagai narasumber pelatihan adalah Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar, Dinas Kesehatan, dan DPMD Tanbu. ( q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *