NasionalPemerintahan

Cegah Wabah BDB di Wilayah Tanbu, Bupati Zairullah Buka Pencanangan PSN

26
×

Cegah Wabah BDB di Wilayah Tanbu, Bupati Zairullah Buka Pencanangan PSN

Sebarkan artikel ini

BATULICIN (Suarapubliknews) – Aksi Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dibuka langsung Bupati Tanah Bumbu HM.Zairullah Azhar, di Aula Kantor Desa Sejahtera, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Jumat (23/09/2022).

Kegiatan PSN Bekerjasama dengan Tim Tenaga Kesehatan Puskesmas Kecamatan Simpang Empat dan Darul Azhar, Dinkes menggelar pencanangan PSN tersebut.

Kegiatan ini bertujuan sebagai upaya pencegahan guna menghindari terjadinya serangan penyakit yang diakibatkan oleh nyamuk, terutama Demam Berdarah Dengue (DBD).

Dikesempatan itu Bupati Zairullah berharap melalui momentum pencanangan Pemberantasan Sarang Nyamuk, masyarakat dapat memaknai salah satu hadist Nabi Muhammad SAW yaitu ‘An-Nadhafatu Minal Iman’, yang berarti kebersihan sebagian dari iman.

Sebagai muslim yang baik, alangkah penting untuk memperhatikan kebersihan baik itu diri sendiri ataupun lingkungan sekitar. Dengan lingkungan yang bersih, akan meningkatkan kualitas hidup yang lebih sehat dan menurunkan potensi timbulnya suatu penyakit.

Oleh sebab itu dengan landasan tersebut, Bupati menekankan masyarakat di Bumi Bersujud untuk lebih meningkatkan kesadaran dirinya terkait kebersihan, sehingga dengan lingkungan yang bersih maka akan memberikan kemanfaatan bagi masyarakat itu sendiri.

Sementara itu Pj. Kepala Desa Sejahtera, Amirullah, didampingi Ketua RT 9 Desa Sejahtera, Musrifin, menyampaikan bahwa saat ini untuk Desa Sejahtera Kecamatan Simpang Empat sendiri sudah terdapat sebanyak 10 kasus DBD.

Amirullah mengungkapkan bahwa dari awal terjadinya kasus hingga saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan unsur terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan, dalam hal upaya penanganan dan pencegahan munculnya serupa.

“Kami dari Pemerintah Desa juga mengambil langkah konkrit, dengan mengumpulkan warga yang berada di wilayah rawan DBD untuk kemudian kami sosialisasikan bersama dengan Dinas Kesehatan,” sebut Amirullah.

Dengan dicanangkannya PSN, Kepala Desa Sejahtera itu mengaku siap bekerja sama dengan lintas sektor terkait dalam menjaga gerakan menjaga kebersihan ini berjalan secara berkelanjutan, lebih optimal, serta memberikan pemahaman yang baik kepada warga. (q cox, Imran )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *