Curiga Ada Tindakan Kekerasan, Legislator Surabaya Sambangi ART yang di Liponsos kan Majikannya

SURABAYA (Suarapubliknews) – Mendengar kabar soal asisten rumah tangga (ART) yang kini diserahkan ke Liponsos oleh majikannya karena dilaporkan mengalami depresi, Anas Karno anggota DPRD Surabaya spontan bergerak untuk memastikan kebenarannya.

Reaksi cepat ini dilakukan Anas karena disisi lain mendapatkan info soal kecurigaan adanya tindak kekerasan terhadap korban yakni asisten rumah tangga berinisial EA (45) tersebut.

Politisi PDIP ini menceritakan jika dirinya telah melakukan perbincangan dengan EA, yang mengaku telah diperlakukan kasar oleh majikannya yang beralamat di wilayah Manyar Surabaya.

“Saya pernah di Pukul Kayu di Punggung bagian belakang dan di setrika,” ucap Anas menirukan EA yang sembari menunjukkan bekas lukanya. Jumat (7/5/2021) kemarin.

Menurut Anas, keberadaan EA di Liponsos atas laporan majikannya ke Kelurahan dengan tuduhan telah mengalami depresi karena menjemur baju dengan kondisi telanjang.

Merasa penasaran, Anas terus mencoba menggali informasi dari EA dengan cara mengajukan berbagai pertanyaan, yang ternyata mendapatkan jawaban yang sangat berbeda.

“Untuk Sementara saya minta pihak Liponsos keputih merawat ART tersebut, besok supaya diperiksa Puskesmas.” Ucap Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya ini.

Kepada media ini, Anas menyampaikan jika dirinya akan mendalami dugaan kekerasan yang dilakukan majikan kepada EA. Apabila ditemukan maka dirinya siap melakukan pendampingan untuk diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Tolong petugas jajaran Kelurahan juga melakukan pendalaman , Responsif harus tapi harus bisa dipertanggungjawabkan . Jangan sampai ada yang terdholimi,” Tegas Anas

Tak hanya itu, Anas juga menitipkan sejumlah dana kepada petugas di Lponsos untuk kebutuhan pemulihan fisik EA seperti pembelian kebutuhan Susu, Buah dan makanan yang layak. (q cox)

Reply