Data Pasien Positif Covid-19 Melonjak, Pemkab Tanbu Masuk Urutan Kedua di Kalsel

BATULICIN (Suarapubliknews) – Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan, terus merangkak naik. Jika sebelumnya hanya 58 orang, namun sekarang mengalami kenaikan menjadi 102 orang.

Juru BicaraTim Gugus Tugas Darurat Copid – 19 Kab. Tanbu Ardiansyah saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa update terbaru 21 Mei 2020 pukul 07.00 Wit yang terkonfirmasi positif sudah mencapai 102 orang, dengan rincian 97 orang dalam perawatan dan 5 orang dinyatakan sembuh.

“Dari 102 orang tersebut 5 orang adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di lingkup pemerintahan Tanbu. Mereka adalah orang yang tanpa gejala, setelah menjalani rapid tes dan Swab tes diketahui mereka positif Copid-19,” ungkap Ardian

Mengetahui hal tersebut, pihaknya langsung merujuk ke Banjarbaru sebagai lokasi karantina khusus yang disediakan Pemprov Kalsel. Dan khusus untuk pasien yang terkonfirmasi positip Covid-19 di Gedung Ambulu

“Ini perlu kita wasdai mengingat selama ini masih ada kerumunan orang di tempat – tempat tertentu apalagi mendekati hari lebaran. Katakanlah seperti pasar, toko – toko baju dan toko sembako dan tempat- tempat lainnya,” bebernya

Ardiansyah menilai bahwa meningkatnya jumlah pasien virus Corona ini karena sikap dan perilaku masyarakat seolah-olah tidak perduli bahwa sedang dilanda pandemi covid-19 yang terus mengintai.

“Ada yang tidak mengikuti anjuran pemerintah, seperti tidak pakai masker, suka berkerumun dengan jumlah yang banyak dan jarang cuci tangan pakai sabun dan tidak menjaga jarak,” ujar Ardian

Kabupaten denga sebutan Bumi Bersujud ini, kini sudah menduduki rangking kedua setelah Kota Banjarmasin, dan ini melampaui Kab. Batola.

Menurut Ardian, meski Tim Gugus Tugas telah bekerja keras untuk mencegah penyebaran virus corona, namun jika tidak didukung oleh masyarakat maka tugas mereka menjadi sia – sia, terbukti semakin meningkatnya orang yang terinfeksi Virus Corona.

“Oleh sebab itu untuk kesekian kalinya saya berharap agar masyarakat taat dan patuh pada aturan pemerintah agar Virus Corona ini segera berakhir dari daerah yang kita cintai”tutup Ardian. (q cox, Imran)

Reply