NasionalPemerintahanPeristiwa

Di Momen Kemerdekaan, Bupati Zairullah Serahkan Remisi Warga Binaan Lapas Batulicin

49
×

Di Momen Kemerdekaan, Bupati Zairullah Serahkan Remisi Warga Binaan Lapas Batulicin

Sebarkan artikel ini

BATULICIN (Suarapubliknews) ~ Warga binaan permasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Batulicin menerima remisi umum HUT Ke-78 Republik Indonesia.

Penyerahan remisi kepada 256 WBP tersebut diserahkan langsung Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar didampingi Kalapas Kelas III Batulicin Bambang Hari Widodo.

Selain itu Ketua DPRD Tanbu serta sejumlah Kepala dinas Pemkab Tanah Bumbu usai upacara HUT Ke-78 RI turut mendampingi acara penyerahan yang digelar Kamis (17/8/23).

Adapun pengurangan hukuman terdiri dari remisi umum satu diberikan kepada 253 orang dan remisi umum 2 atau bebas sebanyak 3 orang.

“Remisi diberikan kepada 256 orang , tiga diantaranya menerima remisi bebas,”terang Kepala Lapas Kelas III Batulicin, Bambang Hari Wibowo,

Bambang mengatakan pemberian remisi umum satu atau pengurangan hukuman setengah dan remisi dua atau bebas setelah mendapatkan pengurangan kepada WPB ini berdasarkan Surat Keputusan Menkumham Republik Indonesia.

Menurutnya, pemberian remisi ini sebagai wujud apresiasi atas pencapaian yang telah dilakukan WBP selama menjalani pembinaan di lapas Batulicin.

Menurut dia, pengurangan ini WBP sudah menjalani pidana atau remisi bagi mereka yang telah menunjukkan prestasi. Kemudian dedikasi, dan disiplin yang tinggi dalam mengikuti program pembinaan serta telah memenuhi syarat sebagaimana diatur dalam ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Pemberian pengurangan hukuman ini juga akan membantu proses integrasi sosial untuk kembali ke lingkungan masyarakat warga binaan.

Bambang menambahkan, Lapas Kelas III Batulicin saat ini dihuni 427 orang warga binaan.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar membacakan sambutan Menteri Kemenkumham RI menyampaikan ucapan selamat kepada warga binaan pemasyarakatan yang telah menerima remisi di HUT Ke-78 RI tahun ini.

“Saya berpesan tunjukkan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam mengikuti setiap tahapan pembinaan dimasa yang akan datang. Khusus kepada warga binaan yang mendapatkan remisi bebas untuk kembali kepada masyarakat dan keluarga,” ucap Bupati.

Bupati juga mengajak warga binaan menjadikan momentum ini sebagai motivasi untuk selalu berperilaku lebih baik dan mengikuti peraturan yang berlaku serta mengikuti setiap program pembinaan dengan sungguh sungguh. (q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *