Dinas PUPR Kabupaten Tanah Bumbu Menggelar Acara Bimtek TFL

BATULICIN (Suarapubliknews) – Dinas PUPR Kabupaten Tanah Bumbu menggelar bimbingan tekhnis Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) kepada 31 peserta yang dibuka oleh Bupati Tanah Bumbu melalui Staf Ahli Bupati Andi Aminuddin di Hotel Medina Kecamatan Kusan Hilir. Senin (02/03/2020)

Dikatakan Andi Aminuddin, peran Teknis Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) dianggap besar dan penggerak ini dipersiapkan dalam mendukung keberhasilan pembangunan, terutama pelaksanaan kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2020, Infrastruktur Sub Bidang Sanitasi.

Karena, kata dia, Tenaga Fasilitator Lapangan, disamping memiliki peran, dimana tugas dan fungsinya menjadi penghubung antara Pemerintah dengan masyarakat, sekaligus mitra masyarakat dalam implementasi kegiatan DAK Infrastruktur Sub Bidang Sanitasi.

Menurut dia, mengacu pada posisi Tenaga Fasilitator Lapangan, bukanlah pekerjaan yang mudah dan ringan, dibutuhkan kemampuan yang memadai baik pengetahuan, ketrampilan dan sikap. Terlebih lagi keberadaan Fasilitator Lapangan di tengah- tengah atau bersama masyarakat.

Lanjutnya, hal ini sangat ditentukan oleh bagaimana, seorang Tenaga Fasilitator Lapangan membawa dirinya, dan kesediaan masyarakat untuk menerimanya.

“Karena itu, Bimbingan Teknis kali ini, memiliki peran penting dan strategis dalam upaya kita meningkatkan kualitas Kinerja, Pengetahuan dan wawasan, serta skil atau ke-ahlian bagi para Tenaga Fasilitator Lapangan,” jelasnya.

Prioritas dalam menciptakan TFL, tambah dia, harus memiliki kemapuan dan ketrampilan manajerial, untuk mengelola kegiatan DAK Infrastruktur Sub Bidang Sanitasi, maupun memiliki sikap sebagai mitra masyarakat dalam pembangunan.

“Untuk itu, saya berpesan kepada seluruh peserta Bimbingan Teknis Tenaga Fasilitator Lapangan, kiranya dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh,” tandasnya.

Ke depan, tambahnya, akan menghasilkan Tenaga Fasilitator Lapangan yang handal dan professional, dalam mendampingi sasaran penerima bantuan yang sudah ditentukan oleh Pemerintah Daerah.

“Hal ini sangat diharapkan kedepan sarana dan prasarana infrastuktur Bidang Sanitasi yang dibangun, sesuai dengan perencanaan dan terjamin kualitasnya, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Bumi Bersujud,” pungkasnya. (q cox, Imran)

Reply