Dinsos Tanah Bumbu Bangun Dapur Umum untuk Warga Terdampak Banjir Rob

BATULICIN (Suarapubliknews) – Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu (Dinsos Tanbu) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mendirikan dapur umum di Halaman Kantor Desa Al-Kautsar Kecamatan Satui, Senin (26/12/2022).

Menurut Kepala Dinsos Tanbu Basuni, keberadaan dapur umum tersebut untuk menyiapkan makanan siap saji bagi warga terdampak air ROB (air laut pasang) di Kecamatan Satui.

“Petugas Dinsos sudah mulai melakukan kegiatan pagi dengan masak buat warga di pengungsian dampak air ROB,” sebut Basuni.

Adapun personil yang ditugaskan di dapur umum tersebut sebanyak 13 orang, sedangkan untuk logistik di dapur umum juga sudah dipenuhi.

Dari informasi yang diterima Camat setempat, ungkap Basuni, air ROB melanda beberapa daerah di Kecamatan Satui khususnya di wilayah pesisir pantai pada 25 Desember 2022 sehingga mengakibatkan terendamnya daerah pemukiman yang berdekatan dengan pesisir pantai.

Untuk data sementara yang terdampak dan mengungsi karena air ROB yaitu Desa Satui Barat RT 5 dan RT 6 sebanyak 191 KK dengan 758 jiwa, sedangkan warga yang mengungsi di Kantor Desa Satui Barat Baru sebanyak 82 KK dengan 274 jiwa.

Desa Setarap RT 2, 3, dan 4 terdampak ROB sebanyak 283 KK dengan 951 jiwa, sedangkan yang mengungsi di Gedung Serba Guna Kantor Desa Al-Kautsar sebanyak 65 KK dengan 228 jiwa.

Kemudian, Desa Sungai Cuka RT 3 terdampak ROB sebanyak 48 KK dengan 104 jiwa, dan mengungsi ketempat keluarga terdekat masing-masing. (q cox, Imran )

Reply