DPRD Surabaya Berharap Pemkot Segera Sosialisasi Edukasi soal Vaksin Covid-19 ke Masyarakat

SURABAYA (Suarapubliknews) – Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Astuti, berharap Pemkot segera melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat Surabaya terkait kedatangan 77.760 vaksin Covid-19 produksi Sinovac di Jawa Timur.

“Sebab, faktanya di lapangan masih ada warga yang siap maupun yang masih ragu tentang pentingnya vaksinasi tersebut,” kata Reni Astuti, Selasa (5/1/2021).

Oleh karena itu, kata Reni, Pemkot Surabaya harus hadir untuk melakukan edukasi dan sosialisasi terkait pentingnya pemberian vaksinasi kepada warga Surabaya.

Soal skema pelaksanaan vaksinasi, lanjutnya, pihak Pemkot Surabaya sudah merencanakan dan menyiapkan penunjang pelaksanaan vaksinasi tersebut.

“Jadi pendampingan sudah disiapkan Pemkot Surabaya. Yang jelas tenaga kesejatan yang di dahulukan vaksinasi sesuai arahan pemerintah,” terangnya.

Reni berharap ketika tahapan vaksinasi dilakukan meminta harus sesuai prosedur secara syarat-syarat keamanan dan lain sebagainya harus jelas.

Sementara itu, Khusnul Khotimah menambahkan, bahwa Komisi D DPRD Kota Surabaya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya tentang pelaksanaan vaksinasi tersebut.

“Vaksinasi pertama untuk tenaga medis, tenaga garda depan penanganan covid dan juga tenaga yang sesuai aturan yang ditentukan,” ujarnya.

Menurut Khusnul, jumlah vaksin covid-19 bagi warga Kota Surabaya, direncanakan sekitar 2 juta vaksin. “Hanya saja sampai saat ini masih menunggu informasi lebih lanjut kapan vaksin itu akan datang,” ungkap dia.

Lanjutnya, rencana pemberian vaksin kepada warga ditentukan di rumah sakit dan puskesmas melalui sistem informasi.

“Agar tidak terjadi penumpukan di satu titik. Intinya vaksinasi warga mendatang telah diatur sebagaimana aturan yang berlaku,” pungkasnya. (q cox)

Reply