BisnisPolitik

DPRD Surabaya Minta ‘Night Zoo KBS’ Diuji Coba Sebelum Launching

22
×

DPRD Surabaya Minta ‘Night Zoo KBS’ Diuji Coba Sebelum Launching

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Rencana Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang akan melaunching wahana Surabaya Night Zoo setelah Hari Raya Idul Fitri, mendapatkan tanggapan dari Anas Karno Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Surabaya.

Anas Karno meminta agar dilakukan uji coba terlebih dahulu sebelum membuka wahana Surabaya Night zoo secara penuh, yang tujuannya untuk melihat sekaligus mengevaluasi wahana surabaya night zoo sebelum resmi beroperasi.

“Saya harap ada uji coba terlebih dahulu, untuk memastikan semua berjalan sesuai rencana dan nantinya juga bisa dilakukan evaluasi sehingga, pasca dilaunching nanti tidak terjadi kendala yang berarti,” jelasnya pada Sabtu (01/03/2023).

Legislator fraksi PDIP tersebut menambahkan, meskipun nantinya kajian dan aturan membolehkan KBS membuka wahana night zoo. Namun, KBS adalah BUMD milik Pemkot, yang tidak boleh melupakan fungsinya, sebagai taman konservasi, edukasi, dan rekreasi, KBS juga perlu berinovasi dengan layanan dan memenuhi selera dan kebutuhan masyarakat.

“Asasnya adalah kebutuhan warga Surabaya. Setidaknya dua pekan ini bisa diujicobakan night zoo di KBS. Meski KBS menjamin dalam mempertontonkan hewan nokturnal tidak menggangu hewan lain,” terang Anas.

Anas menegaskan agar manajemen KBS menggandeng UMKM selama night zoo digelar. Pelaku UMKM melalui produknya, harus bisa mendapat manfaat dari night zoo KBS.

“Pelibatan UMKM harus bisa menjadi skala prioritas, sehingga mampu memberikan kontribusi bagi perekonomian di Surabaya,” ujarnya.

Selain itu, Anas juga meminta PDTS KBS harus bisa menghitung harga tiket yang akan dijual untuk wahana night zoo tersebut. Jangan sampai memunculkan kesan memberatkan bagi warga Surabaya.

“Jangan sampai harga tiket tidak sebanding dengan apa yang disuguhkan oleh wahana KBS Night Zoo, dan bisa diakses oleh seluruh lapisan masyarakat Surabaya,”pungkasnya.

Sebelumnya, Dirut PDTS KBS, Khairul Anwar kepada wartawan seusai mengikuti penyerahan SK Direktur Operasional dan Keuangan PDTS KBS oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, dibalai kota, Kamis (30/03/2023) mengatakan, jika Surabaya Night Zoo sudah dalam proses finishing. Dan akan dibuka pasca Idul Fitri.

“Nanti di Night Zoo itu ada kuliner nya, ada tempat transit untuk pengunjung. Ada pertunjukkan untuk welcomingnya. Kita tinggal finishing, Insyaalloh habis Lebaran kita launching,” ujarnya.

Khairul belum bisa memastikan tanggal tepatnya wahana Night Zoo akan dibuka.

“Ini sudah assesment terakhir yang melibatkan akademisi, BKSDA, ahli tentang konservasi malam. Dan ini sekarang lagi merumuskan. Kalau mereka mengatakan oke, maka kiya tentukan tanggalnya,” imbuhnya.

Khairul mengatakan pihaknya sudah menyiapkan kelengakapn infrastruktur internalnya. Tinggal infrastruktur supportingnya sebagai pelengkap.

“Jadi pengunjung itu kan butuh transit. Kemudian butuh kulinernya. Lalu butuh shownya,” pungkasnya. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *