BisnisNasional

Ketahui Tips Belanja Bulanan Rumah Tangga Agar Tetap Hemat

138
×

Ketahui Tips Belanja Bulanan Rumah Tangga Agar Tetap Hemat

Sebarkan artikel ini

JAKARTA (Suarapubliknews) – Membeli kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan sehari-hari biasanya dilakukan oleh ibu rumah tangga setiap bulannya. Mulai dari kebutuhan makanan sehari-hari, kebutuhan kebersihan, perawatan diri, dan lain sebagainya.

Biasanya belanja bulanan dilakukan di supermarket besar atau toko grosiran yang menawarkan harga lebih murah dan lengkap. Namun, kini Anda bisa belanja online melalui Allofresh. Bagi Anda yang sering belanja bulanan, sebaiknya Anda mengetahui tips belanja berikut agar tetap hemat. 

Tips Belanja Bulanan Tetap Hemat

Terdapat banyak hal yang bisa Anda lakukan saat akan belanja bulanan kebutuhan rumah tangga agar tidak kalap. Pasalnya, saat berbelanja seringkali Anda membeli sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan. Berikut merupakan tips belanja bulanan agar tetap hemat untuk Anda.

1.    Membuat Daftar Belanja

Pertama, tentu Anda harus membuat daftar belanja. Sebelum pergi ke supermarket, alangkah baiknya jika Anda membuat daftar belanja terlebih dahulu. Ini adalah hal yang wajib Anda lakukan agar barang belanjaan Anda lebih tercatat detail apa saja yang harus dibeli dan yang tidak terlalu dibutuhkan.

Anda bisa membuat daftar belanjaan sesuai kategorinya terlebih dahulu. Misalnya seperti sembako, bahan makanan basah, makanan kering, bahan makanan semi basah, perawatan diri, kebutuhan kebersihan, dan sebagainya.

Pastikan Anda mengisi daftar jenis barang sesuai dengan kategorinya, agar saat belanja lebih terfokus dan efisien. Selain itu, saat belanja juga disarankan untuk membawa pulpen agar Anda bisa mencklis barang yang sudah masuk ke dalam keranjang belanja Anda.

2.    Menentukan Anggaran Belanja

Setelah membuat daftar belanja, tips selanjutnya adalah menentukan anggaran belanja. Hal ini dilakukan agar Anda dapat mengatur keuangan bulanan Anda dengan baik, serta menghemat uang belanja. Walaupun penentuan skala prioritas anggaran ini dianggap sepele, namun dapat berdampak pada kondisi keuangan Anda pada bulan tersebut.

Ada beberapa metode cara menghitung uang belanja bulanan seperti berikut:

  • Metode 50-20-30 : 50% pendapatan untuk kebutuhan, 20% untuk tabungan, 30% untuk keinginan.
  • Metode 80-20 : 80% untuk kebutuhan, 20% untuk dana darurat atau tabungan.
  • Metode 40-30-20-10 : 40% untuk kebutuhan, 30% untuk cicilan, 20% untuk tabungan, 10% untuk keinginan.

Dari beberapa metode di atas, Anda bisa memilih metode yang menurut Anda sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan Anda dapat mengaturnya dengan baik agar keuangan bulanan Anda tetap tercatat dengan jelas.

3.    Bijak Penggunaan Kartu Kredit

Bukan tidak boleh menggunakan kartu kredit, hanya saja kartu kredit tetap mempunyai aturan tersendiri dalam penggunaannya untuk kebutuhan sehari-hari. Anda harus bijak dalam menggunakan kartu kredit untuk berbelanja. Perhatikan prioritas terpenting terlebih dahulu dalam penggunaannya.

Fitur lain seperti pay later juga perlu diperhatikan agar Anda tidak menggunakannya untuk sesuatu yang sebenarnya bisa ditunda. Misal, membeli sepatu baru, tas baru, atau pakaian baru yang berlebihan setiap bulannya.

4.    Prioritaskan Kebutuhan

Selanjutnya adalah prioritaskan kebutuhan. Membeli barang-barang terbaru dan yang sedang tren memang sangat menggiurkan. Namun, hanya saja Anda perlu mampu mengontrol diri Anda untuk memprioritaskan kebutuhan Anda. Anda harus mampu memilih mana yang harus dibeli, bisa dibeli nanti, dan yang tidak perlu dibeli.

Hal ini dilakukan tidak hanya sekedar untuk menghemat uang belanja. Tetapi, juga meminimalisir penggunaan barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan oleh Anda.

5.    Mencatat Histori Keuangan

Anda perlu mencatat histori keuangan bulanan Anda setiap harinya untuk mengetahui sejauh mana Anda telah menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan Anda. Setiap pemasukan dan pengeluaran sebaiknya dicatat di dalam buku atau diari khusus laporan keuangan yang rapi.

Hal tersebut dilakukan tidak hanya sebagai dokumentasi, tetapi juga sebagai bentuk pengontrolan keuangan yang baik agar bisa berhemat. Jangan lupa untuk menyimpan struk belanjaan atau resi pembelian lainnya sebagai bentuk dokumentasi apabila suatu saat diperlukan.

6.    Memilih Toko yang Tepat

Saat belanja bulanan, sebaiknya Anda dapat memilih toko yang tepat. Pilihlah toko atau supermarket yang memberikan banyak keuntungan untuk Anda ketika berbelanja. MIsalnya seperti tersedianya promo-promo, penawaran harga, dan juga kemudahan Anda dalam berbelanja.

Walaupun demikian, Anda juga tetap perlu memilih toko yang tepat dalam hal kualitas produknya. Pilihlah toko yang tidak hanya menawarkan harga murah tetapi juga kualitas produknya yang sangat baik.

Dari uraian di atas, kini Anda sudah mengetahui beberapa tips belanja bulanan agar tetap hemat. Anda bisa belanja bulanan secara online di Allofresh.  Allofresh merupakan platform terbaik yang bisa Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan harian Anda.

Allofresh menyediakan berbagai produk berkualitas tinggi, mutu terjamin, dan harga yang terjangkau. Selain itu, Allofresh juga menyediakan layanan pengiriman cepat. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo belanja di Allofresh sekarang juga! (q cox, Rankpillar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *