Gandeng Universitas dari Finlandia, ITS Melangkah Menjadi 6G Ambassador

SURABAYA (Suaraubliknews) – Setelah sukses mendirikan 5G Experience Center, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tidak berhenti untuk terus mengembangkan inovasinya dalam bidang telekomunikasi. Kali ini didapuk menjadi 6G Ambassador, ITS melanjutkan kerja samanya dengan Oulu University yang disampaikan melalui diskusi antara ITS dan delegasi dari Finlandia.

Seperti yang sudah diketahui, pada September 2021 lalu ITS telah sukses mendirikan 5G Experience Center yang merupakan salah satu Kawasan Science Techno Park (STP) ITS dan berlokasi di Gedung Pusat Robotika ITS atas kerja sama dengan Nokia, Indosat Ooredoo, dan Oulu University. Kali ini, ITS tidak hanya akan melanjutkan kerja samanya dalam program 5G Experience Center, namun juga mulai mengembangkan teknologi 6G.

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng mengatakan Oulu University sebagai salah satu universitas yang unggul dalam bidang telekomunikasi, sehingga banyak peluang kerja sama yang bisa dijajaki oleh ITS. “Seperti contoh dalam hal pengembangan Science Techno Park, khususnya bidang Information and Communication Technology (ICT) yang akan memulai risetnya mengenai 6G,” paparnya.

Guru besar Teknik Elektro ITS ini menuturkan keinginannya untuk menggandeng Oulu University sebagai universitas partner dalam program Joint Degree untuk mahasiswa International Undergraduate Program (IUP) dan program doktoral. “Harapannya, kerja sama tersebut juga dapat mendukung program studi (prodi) baru ITS, yaitu Teknik Telekomunikasi,” ujarnya.

Pertemuan diskusi tersebut juga dihadiri, Manajer Kawasan TIK – Robotika ITS sekaligus Person in Charge (PIC) program pengembangan 5G Experience Center ITS Dr Ir Endroyono DEA, Liaison Manager – 6G Flagship Center at Oulu University Mika Rantakokko, Head of Indosat Ooredoo Group Danabalan Amirthalingam, serta beberapa jajaran ITS terkait.

Menanggapi hal tersebut, Liaison Manager – 6G Flagship Center at Oulu University, Mika Rantakokko menyambut dengan antusias kerja sama tersebut. Ia mengungkapkan jika Oulu University telah berpengalaman dalam hal pengembangan ICT, dan menyatakan kesiapannya untuk membantu ITS dalam melanjutkan program 5G Experience Center serta mengembangkanan 6G. “Kami sangat antusias untuk segera terlibat dan merealisasikan kerja sama ini,” tandasnya.   

Sementara itu, Dr Ir Endroyono DEA mengungkapkan, sebagai universitas yang dinilai mumpuni dalam mengembangkan riset 6G, ITS didapuk menjadi 6G Ambassador. “Tidak hanya melakukan penelitian 6G, sebagai 6G Ambassador ITS juga berperan dalam menginformasikan kepada publik mengenai 6G ini,” tuturnya.

Keberlanjutan dari penjajakan kerja sama antara ITS dan Oulu University ini akan dibahas lebih lanjut dan diresmikan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang akan bertempat di Oulu University, Finlandia pada September 2022 mendatang. (Q cox, tama dinie)

Reply