Gelar Pelatihan AKI Dan NTN, Dinas Perikanan Tanbu Hadirkan Nara Sumber dari Jakarta

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Telah dilaksanakan Pelatihan penghitungan Ikan (AKI) dan Nilai Tukar Nelayan (NTN) di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) sebagai tindaklanjut juga implementasi kerjasama Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (BBRP2BKP) Jakarta dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Tanbu.

Kegiatan Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari, 27-28 Mei 2021 bertempat di Ruang Rapat Dinas Perikanan Kab.Tanbu yang diikuti sebanyak 30 peserta, yang terdiri dari Penyuluh Perikanan dan staf Dinas Perikanan Kab.Tanbu.

Pelatihan Penghitungan AKI dan NTN dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Perikanan Kab.Tanbu, Yulian Herawati, S.E, M.M.

Dia mengatakan bahwa Perhitungan Angka Konsumsi Ikan dan Nilai Tukar Nelayan biasanya dilakukan oleh para akademisi (peneliti) yg bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten atau dari BPS.

“Dengan adanya pelatihan ini kita tdk perlu lagi membayar mahal untuk biaya penelitian tersebut, karena Penyuluh Perikanan kita bisa menghitung sendiri dengan metode yg sudah diajarkan oleh Narasumber,” ujar Julian Herawati.

“Adapun nara sumber yang dihadirkan adalah Singgih Wibowo pelatihan AKI dan Pelatihan NTN Rizki Aprilian Wijaya dari Jakarta,” sambungnya

“Sementara Materi yang disampaikan pada pelatihan ini meliputi pengenalan pemahaman AKI dan NTN, metodologi penghitungan, kelebihan dan kekurangan masing-masing metodologi dan simulasi penghitungan nilai AKI dan NTN untuk wilayah Kab. Tanbu dengan menggunakan data SUSENAS (Survey Sosial Ekonomi Nasional) yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik,” bebernya

Dia berharap, dari pelatihan ini, Penyuluh Perikanan dan Dinas Perikanan Kab.Tanbu dapat memahami dan dapat melakukan pengukuran mandiri angka konsumsi ikan dan nilai tukar nelayan. (q cox, imran)

Plt. Kepala Dinas Perikanan Tanbu

 

Reply