Gowes Tahun Baru Hijriyah, Gubernur Khofifah: Ini Bentuk Kebangkitan Guyub Rukun  Seduluran

SURABAYA (Suarapubliknews) – Sekitar dua puluh ribu masyarakat dari berbagai daerah dan komunitas di Jawa Timur memadati sepanjang Jalan Gubernur Suryo,  pagi ini, Minggu (31/7). Mereka tampak begitu antusias mengikuti Gowes Bareng Gubernur Jawa Timur dalam rangka memperingati 1 Muharram 1444 Hijriyah.

Sembari mengibarkan bendera merah putih, para peserta gowes menyusuri rute sejauh 7 km dengan start dan finish di depan Gedung Negara Grahadi. Mulai dari Jl Gubernur suryo – Panglima Sudirman – Sono Kembang – Karimun Jawa – Raya Gubeng – Jl Sumatera – Jl Stasiun Gubeng – Jl Anggrek – Jl Kusuma Bangsa – Jl Ambengan – Jl Ngemplak – Jl Simpang Dukuh – Jl Gubernur Suryo.

Usai memberangkatkan kloter pertama, Gubernur Khofifah bersama rombongan dan Kepala OPD Pemprov Jatim juga tancap gas mengikuti rute yang telah disiapkan hingga finish. Melihat keberagaman dari berbagai kalangan yang hadir, Ia menyebut kegiatan gowes ini adalah bagian dari bentuk kebangkitan dam keguyub rukunan masyarakat Jatim.

Apalagi, ini juga terlihat dari membludaknya peserta yang ikut memeriahkan kegiatan Gowes. “Kegiatan ini menunjukkan kepada kita semua tentang arti kebangkitan. Bangkit bersama usai pandemi covid bersama mewujudkan semangat Optimis Jatim Bangkit. Melalui gowes ini juga menunjukkan tingginya toleransi dan seduluran di kalangan  masyarakat Jatim,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Gubernur Khofifah juga mengungkapkan bahwa gravitasi gowes membuat masyarakat diluar wilayah Gerbang Kertasusila turut hadir meramaikan.”Saya lihat tadi ada dari Madiun, Malang, Kediri dan lainnya hadir memeriahkan. Gravitasi gowes ini luar biasa dan sangat borderless,” katanya

Gravitasi tanpa batas itu, juga dimaknai Mantan Menteri Sosial RI ini sebagai upaya yang bisa membangun kebersamaan. “Kita lihat banyak kalangan yang hadir, muda hingga tua, anak-anak hingga dewasa, bermacam ras dan suku dan agama. Kibaran  merah putih dan semangat bela  NKRI telah mengalir dalam diri kita serta menyatu,” jelasnya

Gubernur Khofifah menambahkan, bahwa tingginya seduluran dan toleransi antar umat menggambarkan semangat 45 dan semangat merah putih yang menjadi ruh pada momentum tahun baru Hijriyah ini.

“Besok sudah masuk pada bulan Agustus. Bulan kemerdekaan RI. Maka saya yakin semangat 45 semangat merah putih akan menjadi ruh pada seluruh momentum dan gerakan yang kita lakukan bersama,” tuturnya.

Pada gelaran yang melibatkan ribuan orang ini, Gubernur Khofifah bersama jajarannya menyiapkan pula sentra vaksinasi booster yang berada di halaman Gedung Negara Grahadi sisi Timur. Sebanyak 1.952 orang telah mendaftarkan diri untuk program vaksinasi ini.

“Di poster kami tulis 1.444 dosis kami sediakan ini sebagai simbolis tahun hijriyah. Tapi dilapangan sudah hampir 2ribu orang mendaftar. Semua tetap akan mendapatkan dosis vaksin boosternya. Bisa dilayani sampai sekitar jam 5 sore karena kita punya stok vaksin yang cukup,” tegasnya.

Diakhir, Gubernur Khofifah juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah berkenan memberikan atensi dan apresiasi atas berjalannya acara ini. “Terima kasih banyak atas seluruh apresiasi termasuk atensi Bapak/Ibu sekalian. Selamat Tahun Baru Islam semuanya, semoga semuanya tambah sehat,, sukses,  sejahtera dan bahagia,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Khofifah juga menyempatkan diri menyapa bahkan berfoto bersama warga yang memadati halaman Gedung Negara Grahadi usai Gowes. Bahkan dirinya juga membagikan kurma kepada warga yang disambut dengan sangat antusias.

Salah satu peserta Gowes, Jayadi yang berusia 70 tahun dari persatuan Gowes Grup Damri Surabaya mengaku sangat senang mengikuti kegiatan “Gowes Bareng Gubernur Khofifah”. Apalagi, disediakan banyak hadiah bagi peserta. “Ini baru pertama kalinya kami ke Grahadi, maturnuwun Bu Khofifah atas sambutan sangat hangatnya bagi kami warga Jawa Timur,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa hadir bersama  Wakil Gubernur Jawa Timur,  Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Nurcahyanto dan Wakil Kapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo. Juga didampingi pula oleh  Sekdaprov Jatim Adhy Karyono, Kakanwil BI Jatim Budi Hanoto.

Sebagai informasi, hadiah yang bisa didapatkan oleh seluruh pemegang kupon adalah paket umroh untuk 5 orang, Sepeda Motor untuk 5 orang, Sepeda Gunung untuk 57 orang, TV untuk 10 orang dan Kulkas untuk 10 orang. Para pemenang undian juga diumumkan di media massa dan media sosial. Hadiah tersebut diundi dari 15 ribu kupon undian yang dibagikan kepada peserta gowes secara gratis. (Q cox, tama dini)

Reply