Gubernur Jawa Timur Tinjau Kesiapan Nataru 2022/2023 Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

SURABAYA (Suarapubliknews) – Gubernur Provinsi Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama beserta Forkopimda Jatim dalam rangka melihat langsung sejauh mana kesiapan Pos Terpadu Angkutan Laut Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Kamis (22/12).

Gubernur Khofifah beserta rombongan tiba di terminal penumpang Gapura Surya Nusantara pada pukul 14.30 wib dan disambut langsung oleh CEO PT Pelindo (Persero) Sub Regional Jawa Timur, Onny Djayus dan General Manager Kalimas & GSN Dhany Rachmad Agustian.

Dandim 0830/Surabaya Utara, Kolonel Inf Budi Handoko, S.Sos. saat lakukan pendampingan dilokasi menuturkan bahwa peninjauan yang dilakukan oleh Forkopimda ini merupakan salah satu upaya terkait dengan peningkatan aktifitas masyarakat saat menyambut natal dan tahun baru terutama di tempat ibadah (gereja) maupun tempat layanan publik.

Pengamanan Natal dan Tahun baru sama seperti tahun sebelumnya. Namun akan ada peningkatan kegiatan, sebab tahun ini diprediksi akan terjadi peningkatan mobilitas masyarakat setelah dua tahun terakhir dibatasi karena Covid-19.

“Diharapkan semua pihak yang terlibat dalam pengamanan dapat memaksimalkan perannya untuk menjadi garda terdepan dalam melakukan edukasi sosialisasi protokol kesehatan serta pelopor menciptakan keamanan ditengah masyarakat serta memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan natal dan tahun baru dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, tingkatkan kewaspadaan dan kepekaan serta kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum natal 2022 dam perayaan tahun baru 2023,” katanya.

Manager Kalimas dan GSN Pelindo Sub Regional Jawa Dhany menyampaikan bahwa jumlah penumpang jalur laut via Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dipredikasi naik 25-26 persen pada momentum libur Natal dan tahun baru 2022/ 2023.

“Jumlah penumpang yang datang per harinya jelang Natal dan Tahun Baru  2022/2023 ini sebanyak 25.600 orang dan untuk keberangkatan sendiri mencapai 26.800 orang dengan asal dan tujuan kebanyakan mengarah ke Indonesia bagian timur,” jelasnya.

Menurut Dhany, tujuan kota yang banyak menjadi tujuan para penumpang adalah kota Makasar, Balikpapan, Banjarmasin dan Lombok. Dhany juga menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak stakeholder yang sudah sangat mendukung dan berperan besar dalam momen Natal dan Tahun Baru kali ini.

Ia juga mengatakan tidak ada lagi batasan batasan dalam melakukan perjalanan di Terminal Penumpang GSN Pelabuhan Tanjung Perak namun tetap disediakan Tim kesehatan yang nanti tetap berjaga dalam mengantisipasi keadaan darurat.

Dengan adanya kesiapan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Jatim dalam menyambut moment Libur Natal dan Tahun Baru 2022 / 2023 kali ini diharapkan dapat menciptakan keamanan dan keamanan penumpang khusunya penumpang yang menggunakan jasa pelayanan kapal laut di Pelabuhan Tanjung Perak. (Q cox, tama dini)

Reply