Gudang Farmasi Penyimpanan Vaksin Kota Surabaya Dijaga Ketat Polisi Bersenjata Laras Panjang

SURABAYA (Suarapubliknews) – Sebanyak 15 ribu vial Vaksin SINOVAC tiba di UPTD Gudang Farmasi, Jalan Rungkut Puskesmas No. 7 Surabaya, Rabu (13/1/2021) siang. Sebelum didistribusikan ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes), vaksin bakal disimpan di Gudang Farmasi dengan penjagaan ketat dari petugas kepolisian.

Kapolsek Rungkut Polrestabes Surabaya, Kompol Hendry Ibnu Indarto menyatakan, pihaknya siap mengamankan Gudang Farmasi tempat sementara penyimpanan vaksin.

“Untuk pengamanan tetap kita maksimalkan. Ada pengamanan dari Polrestabes, Polsek Rungkut, maupun dari Koramil Rungkut. Jadi kita akan optimalkan untuk pengamanan di sini,” kata Kompol Hendry saat ditemui di lokasi.

Bahkan, untuk mengoptimalkan pengawasan, Kompol Hendry menyebut, pemanfaatan CCTV akan dimaksimalkan termasuk gembok untuk kunci gudang penyimpanan.

“Intinya kita tetap amankan untuk gudang farmasi ini agar supaya nantinya pendistribusian bisa lancar dan terdistribusi ke masyarakat,” jelas dia.

Bahkan, pengamanan di Gudang Farmasi milik Pemkot Surabaya ini akan dijaga ketat oleh petugas bersenjata selama 24 jam. “Ada anggota yang bersenjata lengkap dan berseragam. (Setiap hari, red) Kurang lebih ada 10 personel,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan, ada sebanyak 15 ribu vial vaksin dari total 33.420 ribu vial yang telah diterima Pemkot Surabaya pada tahap pertama.

“Untuk tahap awal, vaksinasi akan diprioritaskan bagi tenaga kesehatan (nakes), termasuk tenaga penunjang non nakes yang ada di Fasyankes (Fasilitas Pelayanan Kesehatan),” kata Febria di UPTD Gudang Farmasi Surabaya.

Untuk sementara waktu, kata Feny, vaksin disimpan di Gudang Farmasi sebelum didistribusikan ke rumah sakit atau Fasyankes. Nantinya saat proses distribusi, vaksin dibawa menggunakan box pembawa vaksin atau vaksin carrier. “Di Puskesmas Surabaya memiliki sebanyak 1.177 vaksin carrier,” tandasnya. (q cox, And)

Reply