Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas, Warga Sekitar Berlarian Mengungsi

LUMAJANG (Suarapubliknews) – Gunung Semeru yang berada di wilayah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, hari ini mengalami erupsi dan memuntahkan awan panas yang sangat besar membumbung tinggi ke pemukiman warga hingga membuat warga berlarian

Kondisi ini tergambarkan dari rekaman video netizen yang beredar di berbagai media sosial (medsos), tampak warga berlarian dan terdengar suara teriakan ‘Allahu Akbar!’.

Masih dari medsos, didapat info jika BPBD Lumajang sudah mengirim genset dan masker ke daerah yang terdampak erupsi Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021).

Wawan Hadi Siswoyo Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik mengatakan, guguran awan panas dan lahar dingin mengakibatkan Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang gelap, berkabut, dan hujan. Aliran listrik padam.

Saat ini petugas fokus mengevakuasi warga. Kejadian ini sama persis dengan yang terjadi pada tahun 2020 lalu

Sampai berita ini diturunkan, belum ada keterangan dari pihak berwenang terkait erupsi Gunung Sumeru.

Untuk diketahui, Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan puncaknya Mahameru 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl).

Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatra dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat. (q cox)

Reply