Ikhtiar Penanganan Covid 19, Bupati Zairullah Sampaikan Ini di Rapat Paripurna RPJMD Tanbu

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Sebagai mana mematuhi instruksi Presiden RI Kapolri Bupati Tanah Bumbu dr.Zairullah Azhar akan melakukan ikhtiar maksimal guna memutus mata rantai penyebaran Covid 19 di wilayah Tanah Bumbu.

“Dan ini memang harus kita lakukan sebagai bentuk tanggung jawab sebagai para pimpinan.”kata Zairullah Azhar disela rapat paripurna keputusan Raperda RPJMD, Rabu (21/07/2021)

Dalam ikhtiar itu, pihak SKPD dilibatkan untuk terjun ke Desa dengan pola terjadwal guna mengajak masyarakat Desa agar lebih intensif mematuhi anjuran pemerintah terkait protokol kesehatan.

“Kepala SKPD bertanggung jawab untuk memberikan informasi terkait Covid dan pencegahannya sesuai Protkes.” ungkap Zairullah Azhar

Dalam kegiatan itu, sebelum nya pihak SKPD yang memiliki tugas dimasing masing Desa akan melakukan zikir dan sholat Dhuha bersama warga Desa.

“Disertai zikir 5 menit baca Quran dan diselingi dengan Tausyah beberapa menit. Kita ingin mencontoh Brunei Darussalam, dimana rajanya memerintahkan warganya untuk melakukan baca Yasin sehari 3 kali usai sholat Zuhur. Dan itu terbukti di Brunei bersih dari Covid kerena Barokah surat Yasin itu.” ucap Bupati.

Dalam kesempatan itu Bupati Tanbu juga berencana mempersiapkan Rumah Sakit Darurat untuk pasien Covid dengan memanfaatkan gedung Mahligai Bersujud 2 yang berada dikawasan perkantoran.

Lanjutnya,Rumah Sakit Darurat itu akan menampung 104 tempat tidur bagi pasien yang terpapar Covid.

“Nantimya kalau ada keluarga atau tetangga terpapar Covid tentu tak usah kuatir kerena kita ada tempat khusus diluar rumah sakit yang ada.” sebutnya.

Rencana Zairullah itu, turut mendapatkan apresiasi dari Wakil DPRD Kab.Tanbu H. Agoes Rachmadi.

Dia berharap, dengan adanya rumah sakit darurat itu merupakan antisipasi Pemerintah Daerah jika ada lonjakan Covid diluar dugaan.

“Tapi kita tidak mengharapkan itu, semoga itu tidak terjadi dan penyebaran virus itu akan terjadi penurunan hingga masyarakat kita tetap sehat,” ungkapnya saat menutup sidang paripurna. (q cox, Imran)

Reply