Insiden Kebakaran Masih Jadi Momok di Kota Surabaya, Ini Penjelasan Irvan Widyanto

SURABAYA (Suarapubliknews) – Kebakaran masih menjadi momok bagi kota Surabaya, karena hingga bulan September 2019 jumlah kebakaran di Kota Surabaya mencapai 408 kejadian.

Menurut Irvan Widyanto Plt Kepala Dinas Kebakaran Kota Surabaya, dari jumlah tersebut terperinci jumlah kebakaran bangunan mencapai 85 kejadian dan non bangunan 323 kejadian. Sebagian besar kebakaran diakibatkan karena ulah manusia.

“Kebakaran bangunan lebih karena kelalian pemiliknya seperti lupa mematikan kompor atau menggunakan sarana listrik yang tdk aman sehingga memicu korsleting ” ujar pria tegap yang saat ini juga menjabat Kasatpol PP Surabaya ini. Sabtu (21/09/2019) kemarin.

Menurut dia, sebenarnya Pemkot Surabaya terus melakukan edukasi terhadap masyarakat, namun demikian masyarakat cenderung meremehkan khususnya dalam upaya pengendalian api saat kebakaran terjadi.

Selain itu kata Irvan, kondisi penduduk di Kota Surabaya yang sangat padat juga menjadi kendala bagi PMK Surabaya untuk melakukan pemadaman.

“Jalan sempit dan kecenderungan menjadi tontonan masyarakat saat kebakaran terjadi juga menjadi kesulitan tersendiri bagi PMK dalam melakukan pemadaman ” tambah Irvan Widianto.

Irvan berharap masyarakat Surabaya bisa belajar banyak dari berbagai peristiwa kebakaran tahun ini yang mengalami kenaikan tajam hinga 10 persen dibanding tahun 2018.

“Banyak pelajaran yang harus dipetik oleh masyarakat Surabaya terkait dengan banyaknya kebakaran ditahun ini dan juga menelan korban jiwa ” pungkas Irvan Widyanto. (q cox, Wawan)

Reply