Bisnis

ITS Bersama Kemenristekdikti Launching AISITS

16
×

ITS Bersama Kemenristekdikti Launching AISITS

Sebarkan artikel ini

JAKARTA (Suarapubliknews.net) – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melalui perusahaan startup-nya PT ITS Tekno Sains yang bekerja sama dengan PT Bali Towerindo Sentra Tbk, merancang sebuah teknologi guna keselamatan dalam dunia transportasi laut.

Automatic Identification System Institut Teknologi Sepuluh Nopember (AISITS) dilatari oleh adanya beberapa kasus yang terjadi akibat rusaknya instalasi laut, sehingga sering kali menyebabkan banyak kerugian baik materiil maupun nonmateriil.

Wakil Rektor IV ITS yang sekaligus tergabung sebagai tim peneliti dan pengembang AISITS Prof Dr Ketut Buda Artana ST MSc menjelaskan, AISITS merupakan produk riset dan inovasi berkelanjutan atas dukungan pendanaan riset dan inovasi oleh Kemenristekdikti.

“Aplikasi AISITS ini memanfaatkan data statis dan data dinamis kapal. AISITS menggunakan teknologi sederhana, yakni pemanfaatan data yang dikirimkan oleh kapal melalui gelombang radio dan selanjutnya mengolah data tersebut dalam logic solver untuk beberapa aplikasi yang telah tergabung di dalam sistemnya” katanya.

Lauching yang dilaksanakan di di Data Center dan Central Monitoring Room di kantor PT Bali Towerindo Sentra Tbk disaksikan langsung Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MSc ES Phd, Menteri Perhubungan Ir Budi Karya Sumadi, Wakil Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Sukandar, dan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Ir R Agus H Purnomo.

Ketersediaan AISITS ini menjadi penting sebagai upaya menjaga keselamatan instalasi laut dalam. Di antaranya adalah pipa bawah laut, offshore platform dan kabel laut. Instalasi laut merupakan salah satu target yang menjadi prioritas Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM), karena mengingat bahwa instalasi laut merupakan salah satu objek vital yang berperan besar dalam menjamin pertumbuhan ekonomi bangsa.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendukung penuh atas produk yang dihasilkan oleh ITS ini sebagai upaya untuk memberikan keselamatan dunia perkapalan Indonesia. “Ke depannya, AISITS ini juga bisa kita integrasikan dengan Bakamla (Badan Keamanan Laut Republik Indonesia) RI,” terangnya.

Pada agenda launching ini, juga dilakukan penandatanganan Kerja Sama Operasi (KSO) Data Center antara PT ITS Tekno Sains dengan PT Bali Towerindo Sentra. Serta penandatanganan Letter of Intent (LoI) antara ITS dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, ITS dengan PT Pertamina Engineering Services, PT Krakatau Bandar Samudera, PT Padma Energi Indonesia, dan PT Palka Sarana Utama. (q cox, Tama Dinie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *