Jasa Marga Dukung Pembangunan Fasilitas Kota dan Pemberdayaan Warga Melalui Taman Tresno Kulon Progo

YOGYAKARTA (Suarapubliknews) – PT Jasa Marga (Persero) Tbk meresmikan Taman Tresno Jasa Marga yang dibangun warga sekitar di Dusun Dukuh, Desa Wijimulyo Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, dengan dana bantuan sebesar Rp 387 juta sekaligus juga memberikan bantuan pinjaman Usaha Mikro Kecil (UMK) senilai Rp 165 juta.

Bupati Kulon Progo Drs. Sutedjo \mengucapkan terima kasih kepada Jasa Marga yang telah berkomitmen dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kulon Progo, dengan segala bantuan, program desa binaan untuk Dusun Dukuh serta yang terbaru yaitu membangun Taman Tresno Jasa Marga yang ke depannya akan menjadi destinasi wisata baru di Kulon Progo.

“Dusun Dukuh ini sejak dibina oleh Jasa Marga telah menjadi salah satu pemasok buah kelengkeng di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan peresmian Taman Tresno Jasa Marga ini, saya mewakili seluruh warga Kulon Progo mengucapkan terima kasih dan semoga ke depannya kerjasama antara Jasa Marga dengan Desa Binaan Dusun Dukuh ini bisa meluas di wilayah Kulon Progo yang lain,” katanya.

Taman Tresno Jasa Marga merupakan tempat wisata baru di Yogyakarta yang mengusung konsep taman wisata warna-warni dan menyuguhkan pemandangan Sungai Progo, dengan beberapa _spot-spot_ yang menarik untuk berswafoto yang dilengkapi dengan tempat untuk lokasi pernikahan maupun acara-acara lainnya.

Di wilayah yang sama, wisatawan juga bisa berkunjung ke kebun kelengkeng di Dusun Dukuh, Desa Wijimulyo, yang juga merupakan Mitra Binaan Jasa Marga sejak tahun 2017 yang berfokus pada program budidaya kelengkeng dan pengembangan desa wisata _argotech_ di Kulon Progo.

Total bantuan dan pembinaan yang diberikan oleh Jasa Marga ke Dusun Dukuh hingga tahun 2021 mencapai Rp 1,158 milyar, yang terdiri dari bantuan bibit kelengkeng dan peralatan pertanian, pembangunan Taman Tresno Jasa Marga, penyaluran modal kerja untuk UMK, dan bantuan alat pelindung diri (APD) pada saat Dusun Dukuh menjadi zona merah COVID-19.

Di hari yang sama, Jasa Marga juga melakukan kegiatan serah terima Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Majaksingi, yang berada di Desa Majaksingi, Magelang, Jawa Tengah. Kegiatan serah terima ini dihadiri oleh Plt Kepala Desa Majaksingi Muh. Hasim, dan Plt Direktur Utama PT Manajemen CBT Nusantara Muhammad Hatta.

Plt Direktur Utama PT Manajemen CBT Nusantara Muhammad Hatta. mengatakan bahwa keberadaan Jasa Marga di tengah masyarakat Desa Majaksingi membawa perubahan yang sangat baik.

Balkondes Majaksingi, jika dibandingkan dengan Balkondes lainnya yang berada di kawasan wisata Borobudur, merupakan salah satu yang terbaik dan selalu menjadi favorit wisatawan yang berkunjung ke Borobudur, berkat perhatian yang diberikan oleh Jasa Marga selama ini.

“Saya mewakili seluruh warga Desa Majaksingi, berterima kasih kepada Jasa Marga atas serah terima hari ini ini. Keberadaan Balkondes Majaksingi tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga desa kita, dan juga membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat serta turut meningkatkan perekonomian desa,” katanya.

Menjadi salah satu destinasi desa wisata baru, Balkondes Majaksingi yang letaknya tidak jauh Candi Borobudur, menawarkan keindahan alam khas pedesaan yang masih alami dengan pemandangan kaki Gunung Menoreh dan bentang alam yang begitu menakjubkan.

Balkondes Majaksingi terletak di Desa Majaksingi yang juga merupakan desa binaan Jasa Marga untuk menjadi desa wisata. Selain Balkondes, Majaksingi juga terkenal dengan ciri khas kopi aslinya yang saat ini juga tengah dibina melalui program pelatihan budidaya kopi dan proses olah kopi organik.

Berbagai program mulai pembinaan dilakukan mulai dari pembuatan rumah produksi, rumah semai, rumah sortasi, bangunan penjemuran dan perendaman, hingga pembuatan gudang penen untuk warga Dusun Kerug Batur, Desa Majaksingi.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, kedua lokasi program TJSL ini merupakan bukti dari keseriusan Jasa Marga dalam ikut turut meningkatkan kesejahteraan sosial kemasyarakatan dan perbaikan kualitas lingkungan hidup khususnya di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

“Dengan hadirnya Jasa Marga di tengah-tengah masyarakat baik di Desa Majaksingi, maupun Dusun Dukuh, diharapkan bisa turut meningkatkan kesejahteraan warga Majaksingi maupun Dusun Dukuh serta membuka potensi wisata baru bagi masyarakat di sekitar area Balkondes Majaksingi dan Taman Tresno,” katanya.

Ia juga menambahkan dengan dilakukannya serah terima Balkondes Majaksingi dan Taman Tresno ini diharapkan peran masyarakat sekitar lokasi bisa lebih efektif, dan memberikan warna baru dari kedua tempat tersebut.

Jasa Marga turut berkontribusi dalam membangun fasilitas kota yang berkelanjutan. Hal ini dicapai melalui penyelarasan dan pemberdayaan warga sekitar, melalui berbagai program yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan produktivitas, sehingga mewujudkan kemandirian yang meningkatkan taraf hidup warga.

Hadir dalam dalam acara peresmian Taman Tresno Jasa Marga, Bupati Kulon Progo Drs. Sutedjo, Ketua DPRD Kulon Progo Akhid Nuryati, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru dan General Manager Representative Office 2 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division dan Direktur Utama PT Jasamarga Semarang Batang Prajudi. (q cox, tama dinie)

Reply