Kenakan Pakaian Adat Tradisional, 400 Warga Surabaya Ikuti Upacara di Balai Kota 

SURABAYA (Suarapubliknews) – Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke – 94 Tahun 2022 yang berlangsung di Halaman Balai Kota Surabaya kembali diikuti oleh ratusan masyarakat Kota Pahlawan. Sebab, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengundang 400 warga sebagai peserta untuk mengikuti prosesi upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Jumat (28/10/2022).

Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan, undangan tersebut dibuka melalui pendaftaran online yang telah dibuka sejak 18 – 24 Oktober 2022. Melalui pendaftaran online tersebut, masyarakat yang hendak mengikuti proses upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda mengenakan pakaian atau baju adat tradisional.

“Alhamdulilah hari ini, kita memang mengundang masyarakat, karena siapa yang datang kita undang melalui pendaftaran secara online dan menggunakan baju adat. Yang datang luar biasa, Alhamdulillah matur nuwun (terima kasih) untuk warga Surabaya karena selalu semangat,” kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Sementara itu, Farah warga kawasan Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya mengaku sangat senang karena bisa mengikuti prosesi Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda bersama Wali Kota Eri Cahyadi di Halaman Balai Kota Surabaya. Bahkan, ia mengaku sangat merasa bangga saat mengenakan pakai adat khas Minangkabau.

“Melalui proses upacara ini saya sebagai generasi penerus bangsa, terutama sebagai Arek Suroboyo bangga dalam mempertahankan budaya. Walaupun kita berbeda – beda  tapi tetap satu, yaitu Indonesia. Ayo sama – sama kita gelorakan semangat kepemudaan seperti yang digaungkan oleh Wali Kota Eri Cahyadi untuk Surabaya lebih baik lagi ,” kata Farah.

Senada dengan Farah, peserta upacara lainnya, Indra Saraswati mengaku baru pertama kali mengikuti prosesi upacara yang digelar oleh Pemkot Surabaya. Sambil mengenakan pakaian tradisional, ia juga memuji rangkaian acara yang disuguhkan kepada seluruh peserta upacara.

“Seru sekali, karena saya baru pertama kali mengikuti acara di Balai Kota Surabaya. Acaranya sangat menarik, prosesinya sangat tertata dengan baik dan sangat rapi. Sukses selalu untuk Kota Surabaya dan terima kasih kepada Wali Kota Eri Cahyadi atas motivasi yang diberikan kepada para pemuda Surabaya,” pungkasnya.

Tak hanya menggelar prosesi Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Pemkot Surabaya juga mengajak 38 Komunitas Olahraga Bela Diri dan Perguruan Silat di Kota Pahlawan untuk membacakan Deklarasi Surabaya Damai. Selain itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi juga tampak memukau saat membacakan puisi dalam pagelaran Surabaya Bhinneka Tunggal Ika yang disaksikan oleh seluruh peserta upacara. (Q cox)

Reply