Nasional

Kini Desa Wanasari Kecamatan Sungai Loban Resmi Berlabel Kampung Tangguh

11
×

Kini Desa Wanasari Kecamatan Sungai Loban Resmi Berlabel Kampung Tangguh

Sebarkan artikel ini

BATULICIN (Suarapubliknews) – Bupati H Sudian Noor bersama Dandim 1022/TNB dan Kapolres kembali meresmikan 2 Kampung Tangguh Banua (KTB) di Kecamatan Sungai Loban pada Kamis (18/06/2020).

Dua desa yang diresmikan menjadi kampung tangguh banua di Kecamatan Sungai Loban yakni Desa Wanasari dan Desa Marga Mulya.

Peresmian Kampung Tangguh Banua kedua desa tersebut ditandai dengan penandatanganan oleh Bupati, Dandim 1022/TNB dan Kapolres yang diwakili oleh Kabag Sumda Polres Tanah Bumbu.

Kedua desa tersebut diaggap telah menunjukan inovasinya dengan menjadi zero dalam pencegahan covid-19, yang mana tidak ada satupun tercatat di papan informasi untuk daftar ODP, PDP dan OTG Covid-19 (Zona Hijau) untuk 2 desa tersebut.

Berkat kerjasama semua tim relawan di kedua desa tersebut telah mampu menekan angka penyebaran covid-19 diwilayahnya masing masing.

Adapun inovasi yang dilakukan kedua desa tersebut diantaranya dengan rumah isolasi mandiri, posko kesehatan, posko induk, screning, dapur umum relawan dan lahan ketahanan pangan desa maupun ketahanan pangan masyarakat.

Untuk sektor ketahanan pangan kedua desa ini melalui sektor perkebunan, pertanian, perikanan air tawar dan peternakan.

Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor mengatakan, keberadaan Kampung Tangguh Banua sebagai upaya penanganan covid-19 berbasis komunitas dan gotong royong.

“Apalagi saat ini, bukan hanya acaman virus corona atau covid-19 yang kita hadapi, namun muncul ancaman akan kelangkaan kebutuhan pangan di masa pandemi covid-19 ini,” ujarnya.

Oleh karena itu, Bupati mengajak membangun ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan pekarangan masing masing dengan becocok tanam jangka pendek maupun jangka panjang sehingga hasil dari tamanan pekarangan dapat memenuhi kebutuhan pokok sehari ditengah pandemic Covid-19.

Pada acara tersebut Bupati H Sudian Noor didamping Dandim1022/TNB dan Kabag Sumda Polres Tanah Bumbu menyerahkan bantuan bibit sayuran dan ikan kepada Kepala Desa Wanasari dan Kepala Desa Marga Mulya Kecamatan Sungai Loban.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten, Kabag Ops Polres Tanah Bumbu, Kepala Dinas PMD, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Kesehatan, Dinas Perikanaan dan Unsur Muspika Kecamatan Sungai Loban. (q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *