Kodim1022 Tanah Bumbu Kawal Kebijakan Pembukaan Tempat Ibadah Umat Muslim

BATULICIN (Suarapubliknews) – Setelah sekian bulan ditutup, kini Masjid, Langgar dan Mushollah di seluruh Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) Kalimantan, kembali dibuka dan disambut antusias oleh umat muslim yang sudah rindu melaksanakan ibadah sholat berjama’ah. Jum’at (12/6/2020)

Kebijakan Pemerintah Kabupaten Tanbu ini direspon langsung oleh Kodim1022 TNB dalam hal ini
Dandim 1022/Tnb Letkol Czi Bintarto Joko Yulianto, S.Ip M. Han dengan memerintahkan seluruh Babinsa untuk mengawal pelaksanaan penegakkan disiplin dimesjid – mesjid saat pelaksanaan sholat jum’at.

“Pendisiplinan ini sengaja dilakukan ditengah pandemi Copid – 19 agar masyarakat benar – benar melaksanakan dengan disiplin yang tinggin, Sehingga penyebaran Virus Corona segera dapat diatasi, tanpa disiplin maka tidak mungkin kita bisa lepas dari Copid 19 ini,” ucap Dandim 1022/TNB (12/6/2020).

“Saya perintahkan semua Babinsa agar mengawasi jalannya penerapan disiplin protocol kesehatan Copid – 19 ini,” imbuhnya.

Ada beberapa wilayah Koramil yang melaksanakan sholat jum’at, antara lain wilayah Koramil Satui, Sungai Loban, Kusan Hilir, Batulicin dan Koramil Karang Bintang.

Sementara masjid – masjid yang dikawal oleh Babinsa setempat adalah

Masjid diwilayah Koramil 1022-04/Satui adalah
Masjid At Taqwa Desa Tegal Sari,
Masjid Darussalam Desa Sungai Cuka .

Mesjid Rajarul Jannah Desa Sungai Danau, Mesjid di desa Sumber Arum, mesjid di desa Jombang dan mesjid yang ada di desa Setarap.

Mesjid di wilayah Koramil 1022-01/Spe:
Adalah Masjid At Taqwa simpang tiga Fery Batulicin, Masjid Riyadhus Shalihin Kelurahan Batulicin dan Masjid Nurul Yaqin desa Kersik Putih.

Masjid yang berada diwilayah Koramil 1022-02/Khi adalah
Masjid Darul Mu’minin desa Manurung Kec Kusan Hilir.

Mesjid yang ada di wilayah Koramil Sungai Loban :
Adalah Masjid Al Fallah Desa Sebamban Lama , Masjid Attaqwa Desa Sari Mulya, Masjid Miftahul Jannah desa Sungai loban, Masjid Al Muhajirin dan Masjid At Taqwa desa Sari mulya.

Masjid yang ada di wilayah Koramil Karang Bintang :
Adalah Masjid Miftahul Jannah desa Karang bintang.

Itulah wilayah – wilayah yang melaksanakan sholat jum’at yang sempat dikawal oleh Babinsa setempat.

Penegakkan Disiplin Protocol Copid 19 ini sangat wajib dilaksanakan demi memutus mata rantai penyebaran Virus Copid – 19, seperti memberikan masker kepada masyarakat yang belum membawa masker disaat melaksanakan ibadah sholat jumat.

Juga menghimbau masyarakat untuk selalu cuci tangan dengan sabun/hand sanitizer sebelum masuk ke dalam mesjid.

Setelah itu mewanti – wanti masyarakat untuk selalu menjaga jarak dengan jama’ah lainnya dan juga dihimbau untuk membawa sajadah dari rumah.

Babinsa juga menyarankan kepada jama’ah sholat jum’at agar tidak berjabat tangan disaat berada didalam mesjid maupun setelah keluar dari mesjid, hal ini dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran virus Copid 19. (q cox, Imran)

Reply