Politik

Komisi C DPRD Surabaya: Pengerukan Box Culvert sebaiknya berkala, tak hanya jelang musim hujan

11
×

Komisi C DPRD Surabaya: Pengerukan Box Culvert sebaiknya berkala, tak hanya jelang musim hujan

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Komisi C DPRD Kota Surabaya mengapresiasi kinerja Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya, yang saat ini tengah melakukan pengerukan endapan lumpur saluran Box Culvert di jelang musim hujan.

“Jadi apa yang sudah dilakukan Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya melakukan pengerukan memang sudah tepat, dan kami sangat mengapresiasi kinerja Dinas PU Bina Marga dan Pematusan tersebut.” ujarnya Elok Cahyani anggota Komisi C DPRD Surabaya, Senin (06/09/21).

Namun demikian, Elok Cahyani mengingatkan kepada Pemkot Surabaya, jika sebaiknya pengerukan endapan lumpur dilaksanakan secara berkala. Artinya, tidak hanya saat musim hujan akan tiba, agar saat musim hujan tiba aliran air dibawah box culvert berjalan lancar.

“Jadi semestinya harus ada pengerukan berkala, jangan hanya menunggu jelang musim hujan batu endapan lumpur dikeruk. Jangan menunggu sampai endapan lumpur di bawah box culvert numpuk sampai tinggi,” tegas politisi perempuan Partai Demokrat ini.

Sebelumnya, pada Rabu (03/09/21) pekan lalu Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melakukan pengerukan endapan lumpur yang ada di saluran box culvert Surabaya Barat, tepatnya box culvert di  depan TPU Babat Jerawat, Kecamatan Pakal- Surabaya.

Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya, Erna Purnawati mengatakan, saluran box culvert yang dari Babat Jerawat ke sisi barat memang lebih banyak endapan lumpur. Sebab, lumpur dari saluran yang belum selesai bergeser ke sisi timur.

“Jadi, box culvert yang sudah dikonversi itu kan sangat dalam, dan yang belum dikerjakan itu ada sekitar 2 kilometer, sehingga kalau hujan, lumpur yang berasal dari saluran 2 kilometer itu bergeser ke timur, makanya banyak endapan lumpur di Babat Jerawat.”ungkap Erna. (q cox)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *