Komisi D DPRD Surabaya Desak Pemkot Segera Cairkan Beasiswa Pemuda Tangguh

SURABAYA (Suarapubliknews) –  Ketua Komisi D DPRD Surabaya dari Fraksi PDI Perjuangan, Khusnul Khotimah, mendesak Pemerintah Kota Surabaya untuk segera mencairkan beasiswa ‘Pemuda Tangguh Surabaya’. Sebab beasiswa ini sudah melewati proses yang panjang dan dinanti para siswa.

“Proses pemberian beasiswa ini sudah cukup lama. Bagi yang sudah dinyatakan lolos dan mengikuti daftar ulang untuk verifikasi pada gelombang pertama, kami mendesak pemkot untuk segera mencairkan beasiswa tersebut. Kalau bisa bulan ini sudah cair,” ujar Khusnul, saat dikonfirmasi, Kamis (8/9/2022).

Selain itu, lanjutnya, semua pelajar SMA/SMK/MA dan sederajat yang telah dinyatakan lolos menerima beasiswa, juga harus diumumkan. Agar ada keterbukaan ke publik, siapa saja yang menerima beasiswa tersebut.

Sekadar informasi, pada gelombang pertama pendaftaran beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya ada sekitar 5 ribu yang mendaftar. Dari jumlah itu, yang dinyatakan lolos sebanyak 1.421 pendaftar.

Kemudian setelah dilakukan daftar ulang untuk verifikasi data di Gelanggang Remaja Surabaya, yang mengikuti sebanyak 900-an pendaftar.

Menurut Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya ini, target penerima beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya tahun 2022 ini sebanyak 13.415 siswa. Jika melihat jumlah pendaftar gelombang pertama dan gelombang kedua, sepertinya sulit terpenuhi. Sehingga Komisi D DPRD Surabaya akan melakukan evaluasi.

Untuk gelombang kedua yang pendaftarannya telah ditutup pada 7 September 2022, kata Khusnul, jumlah pendaftarnya sebanyak 2.513 pelajar. Jumlah itu belum dilakukan verifikasi, sehingga jumlahnya bisa berkurang.

“Informasi yang saya dapat, untuk gelombang kedua ini masa pendaftarannya diperpanjang lagi hingga 14 September. Dengan begitu jumlah pendaftarnya akan semakin banyak,” ungkapnya.

Agar program beasiswa ini berjalan lancar, secara khusus Khusnul meminta pemkot dalam hal ini Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) untuk melakukan sosialisasi yang lebih masif lagi. Contohnya dengan melibatkan RT, RW, lurah dan camat untuk sosialisasi. Bila perlu juga melibatkan organisasi kepemudaan yang ada di Kota Pahlawan.

“Saya berharap program beasiswa ini betul-betul bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para siswa SMA/SMK/MA dan sederajat. Pelajar harus sedikit sabar dengan mengunggah beberapa persyaratan yang diajukan. Saya yakin beasiswa ini sangat bermanfaat bagi para siswa,” tandasnya. (q cox)

Reply