Kontingen PWNU Jatim Sabet Juara Umum Porseni NU

SURABAYA (Suarapubliknews) ~ Alhamdulillah, Kabar gembira datang dari Pekan Olahraga Seni (Porseni) NU di Surakarta, Jawa Tengah. Ini setelah kontingen atlet santri Jawa Timur berhasil menyabet Juara Umum dengan memborong 21 emas, 13 perak, serta 20 perunggu.

Pada Porseni NU di Surakarta, kontingen PWNU Jatim mengikuti sejumlah cabang olahraga meliputi sepak bola, bola voli, bulu tangkis, pencak silat serta cabang seni yakni Qiroatil Qur’an dan Qiroatil Kutub dan Hifdzul Alfiyah. Kemenangan ini menjadi kado terindah pada peringatan 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) yang akan dipusatkan di Jawa Timur sebagai tuan rumah.

Gelar juara umum ini sekaligus membuktikan optimisme Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat melepas para Kontingen. “Gelar juara umum ini akan menjadi catatan sejarah sekaligus kado untuk peringatan 1 Abad NU. Allhamdulillah lewat latihan yang telah dilakukan, juga penggemblengan atlet pada Porseni ini seluruh kontingen PWNU Jatim akhirnya berhasil keluar sebagai Juara Umum,” katanya.

Gubernur Khofifah yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU juga menyampaikan rasa terima kasih atas seluruh kerja keras dan perjuangan para atlet santri, pelatih, dan official yang telah mencurahkan tenaga dan pikirannya dalam Porseni NU ini.

“Terima Kasih atas seluruh perjuangan para Atlet Santri, jajaran pelatih dan official. Kami akan membantu memberikan bonus tambahan kepada para juara,” ungkapnya dengan rasa bangga.

Gubernur Khofifah menyatakan, jika melihat sejarah dan napak tilas, pada ajang Liga Santri tahun lalu, Jatim mampu keluar sebagai runer up atau juara dua. Selain itu Jatim juga baru saja meraih juara umum MTQ Nasional.

Begitu pula pada kejurnas pencak silat tahun 2022 tim Pagar Nusa Jatim juga juara umum. Sehingga rasa optimis keluar sebagai juara umum pada ajang Porseni NU tahun 2023 begitu besar.

“Kalau saya melihat seluruh napak tilas perjalanan kontingen NU Jatim ini banyak capaian prestasi telah berhasil diraih. Insyallah dengan semangat meraih prestasi, capaian yang terus terjaga ditunjang dengan sportivitas, saya rasa potensi Jatim Insya Allah bisa menjadi Juara Umum Porseni NU 2023 sangat tinggi. Alhamdulillah ahirnya terwujud menyabet juara umum,” ungkapnya.

Selain itu, Gubernur Khofifah menilai bahwa terselenggaranya Porseni NU ini, telah mampu menumbuhkan keterampilan hidup dan rasa cinta seni sebagai wahana yang efektif dalam memberikan pemahaman dan kehidupan beragama melalui pendekatan budaya kepada generasi muda

“Saya menilai lomba ini sangat bermanfaat sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan para pelajar, mahasiswa dan santri NU dalam olahraga dan seni sekaligus menguatkan tali persaudaraan ,” tutupnya.

KH Noor Shodiq Askandar, Manajer Kontingen PWNU Jatim mengatakan bahwa, kesuksesan ini adalah hasil kerja keras bersama mulai dari persiapan, pelaksanaan training center hingga pertandingan di Solo.

“Kesuksesan yang diraih Jatim ini adalah hasil kerja bersama seluruh pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung di dalam Porseni NU 2023. Ada atlet, pelatih, official, manajemen serta khususnya para kiai yang semuanya mendukung terhadap keberadaan kontingen Jawa Timur,” pungkasnya, Sabtu (21/1) saat penutupan Porseni NU 2023 di Gor Sritex Arena, Solo. (q cok, tama dini)

Reply