Kran Perdagangan Mulai Dilonggarkan, DPRD Surabaya Dorong Pemkot Tingkatkan PAD dari Sektor Pajak

SURABAYA (Suarapubliknews) – Komisi B DPRD Kota Surabaya yang membidangi perekonomian mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya agar meningkatkan pendapatan dari sektor pajak seiring dengan mulai meningkatnya perekonomian meskipun belum bisa maksimal akibat pandemi.

Harapan ini disampaikan Anas Karno, Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Surabaya saat menggelar rapat evaluasi dengan Badan Pengelolaan Keuangan dan Pajak Daerah (BPKPD) Kota Surabaya, Kamis (24/09/2021).

“Ekonomi ini sudah mulai menggeliat dan bisnis-bisnis juga sudah mulai berjalan, diharapkan ini mampu mendorong pendapatan daerah “ terang Anas Karno.

Untuk itu, kata Anas, sayogyanya pendapatan dari sektor pajak bisa dinaikan dengan target 90 persen seiring dengan mulai diberlakukannya pelonggaran-pelonggaran disektor perdagangan.

“Di tahun 2020 kemarin bisa menyentuh di angka 75 persen. Kami minta ada target sampai 90 persen untuk di tahun 2021 ini,“ imbuhnya.

Selain itu, lanjut politisi asal PDIP ini, dengan adanya target tersebut sekaligus mengedukasi para pelaku usaha agar tetap patuh terhadap kewajiban pajak sebagai bentuk dukungan peningkatan penghasilan asli daerah (PAD).

“Ini perekonomian sudah berjalan, jadi ini juga sebagai upaya memunculkan kesadaran dari para pengusaha untuk patuh pajak, karena pajak ini juga akan kembali kepada masyarakat Surabaya “ lanjutnya.

Maka Ia pun berharap, dengan mulai bertumbuhnya perekonomian ini bisa meningkatkan pendapatan juga bagi kota Surabaya.

“Semoga perekonomian ini bergerak, pendapatan pemerintah pun juga bertambah, karena sekali lagi ini semua juga akan kembali ke masyarakat juga “ pungkasnya. (q cox)

Reply