Kunjungi Korban Banjir Kusan Hulu, Istri Gubernur Kalsel Serahkan Bansos

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Musibah banjir Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu menjadi pehatian istri Gubernur Kalimantan Selatan Hj.Raudhatul Jannah.SKM.

Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP ) Prop.Kalsel itu datang bersama rombongan di jajaran Pemprop Kalsel dalam rangka menyerahkan Bantuan Sosial (Bansos) kepada warga terdampak Banjir di bantaran sungai Kusan Kecamatan Kusan Hulu. Jum at (10/09/2021) Aula Desa Lasung.

Kehadirannya didampingi penasehat DWP Kabupaten Tanah Bumbu Hj.Wahyu Windarti Zairullah Azhar bersama Pengurus DWP lainnya.

Selain itu, kedatangannya bersama jajaran terkait dalam rangka silaturahmi kepada warga yang terdampak banjir meskipun sekarang berkurang namun masih ada dampaknya.

“Selain melihat kondisi disini kami ingin memberikan bantuan guna sedikit meringankan beban warga yang terdampak banjir.meskipun katanya mulai surut tapi masih ada aktivitas warga yang terganggu,” ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, ini wujud sinergitas yang sedang dilakukan pihak DWP Propinsi Kalimantan Selatan bersama pihak DWP Kabupaten Tanah Bumbu.

“Inilah pula wujud kepedulian dan memperat tali persaudaraan kita, meski ini bantuan ala kadarnya, setidaknya bantuan ini diharapkan bisa memberikan kebahagiaan tersendiri di mata mereka,” imbuhnya.

Camat Kusan Hulu Herlambang mengatakan, banjir akibat luapan air sungai setempat juga menggerus sejumlah ruas jalan. Aktivitas masyarakat antara Desa Lasung dengan Karamat saat ini terhambat.

“Yang kami takutkan, banjir ini berpotensi menimbulkan gagal panen dan para petani rugi hingga puluhan miliar,” ujarnya.

Terkait musibah ini, sebelumnya pihak BPBD Tanbu mencatat sebanyak 127 KK atau 264 jiwa terdampak. Banjir ini telah melanda empat desa yang berada di Kecamatan Kusan Hulu. Empat desa terdampak, antara lain Desa Bakarangan, Desa Manuntung, Desa Sungai Rukam dan Desa Lasung.

Merespon tanggul yang jebol, BPBD Tanbu bersama tim gabungan dan masyarakat segera berupaya menutup dengan menempatkan beberapa karung berisi tanah untuk membendung air agar tidak masuk ke pemukiman warga.

BPBD Tanbu mengirimkan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk mengevakuasi warga ke tempat yang aman, serta pendataan di lokasi terdampak. BPBD juga mendistribusikan bantuan makanan kepada warga. Penanganan banjir di empat desa telah dilakukan di bawah koordinasi pos komando yang lokasinya berada di Kecamatan Kusan Hulu. (q cox, Imran)

Reply