NasionalPemerintahan

Launching LEBU DIGITAL di Desa Cantigi Kulon, Bupati Nina Agustina: Ini Pertama di Indramayu

16
×

Launching LEBU DIGITAL di Desa Cantigi Kulon, Bupati Nina Agustina: Ini Pertama di Indramayu

Sebarkan artikel ini

INDRAMAYU (Suarapubliknews) – Pemerintah Desa Cantigi Kulon, Kecamatan Cantigi Kabupaten Indramayu bekerjasama dengan PT. INTI SMART SOLUTION melaksanakan peresmian layanan Digital Desa (Lebu Digital) kedalam sebuah aplikasi Bernama eDESA. Kamis (7/07/2022)

Dengan Peresmian Lebu Digital ini, Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar mendorong agar seluruh masyarakat desa di lingkup Pemerintahan Desa Cantigi Kulon untuk menggunakan eDESA selain untuk layanan pengajuan surat dan juga pemenuhan kebutuhan sehari-hari lainnya.

“Terima kasih kepada Kecamatan Cantigi, Desa Cantigi Kulon dan juga PT. Inti Smart Solution dan semua masyarakat. Semoga Desa Cantigi Kulon Menjadi Desa yang terbaik dan Bupati harapkan kuwu-kuwu yang berada di Kabupaten Indramayu bisa mengikutinya,” ucap Bupati

Tak hanya itu, Bupati juga kembali menyampaikan ucapan terima kasih Bupati karena perangkat Desa dan Kecamatan ikut memenuhi salah satu dari 10 Program Unggulan Bupati Kabupaten Indramayu

Menurutnya, eDesa adalah sebuah Sistem yang menggabungkan berbagai fitur kebutuhan dimana seluruh kebutuhan masyarakat dapat terakomodir disini. eDESA memiliki fitur Database DESA dimana data warga tersusun secara digital dan terstruktur di Balai Desa.

Selain itu, fitur utama lainnya adalah Layanan administrasi dan informasi desa dimana warga dapat melakukan pengajuan surat dan mengetahui informasi desa darimana saja. Terdapat juga fitur PPOB dimana warga desa dapat membeli kebutuhan sehari-hari misalnya: token listrik, PDAM, pulsa dan lainnya.

Secara teknologi, fungsi, dan fitur eDESA masih akan terus dikembangkan dimana saat ini eDESA masih berada di fase 1 pengembangan yang berupa Pelayanan Administrasi dan informasi Desa dan PPOB.

Nantinya eDESA akan memiliki marketplace Produk-produk UMKM yang dibina oleh BUMDES, dan pada fase ke-3 akan tersedia layanan monitoring performance UMKM yang dapat diakses oleh Investor sebagai sumber data untuk kemudahan berinvestasi di desa sehingga mewujudkan terjadinya kesejahteraan warga desa yang secara langsung akan berdampak kepada ekosistem ekonomi digital Desa.

“Sabtu sampai senin diam dirumah, biar siap menghadapi UAS. Lebu Digital bikin semua menjadi mudah, Pelayanan maksimal masyarakat pun puas,” pungkas Bupati dengan pantun. (q cox, And)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *