Politik

Legislator Surabaya Berharap Even Piala Dunia U20 Bisa Dongkrak Perekonomian UKM

10
×

Legislator Surabaya Berharap Even Piala Dunia U20 Bisa Dongkrak Perekonomian UKM

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Lutfiyah Ketua Komisi B DPRD Surabaya berharap saat even piala dunia U20 digelar di stadion Gelora Bung Tomo (GBT) berdampak peningkatan ekonomi bagi Kota Surabaya, utamanya UMKM.

Oleh karenanya, Lutfiyah meminta kepada panitia penyelenggaran melalui Pemkot Surabaya untuk memberikan kesempatan kepada UKM agar bisa mendapatkan stan layaknya Bazar atau sejenisnya di sekitar Stadion GBT.

“Event piala dunia U20 yang salah satu venuenya ada di Surabaya, ini menjadi peluang untuk dongkrak perekonomian Kota Surabaya.”ujarnya kepada wartawan di gedung DPRD kota Surabaya, Senin (10/02/20).

Lutfiyah menjelaskan, jika PKL atau UKM diberikan ruang untuk bisa berjualan di sekitar Stadion GBT saat piala dunia berlangsung, maka bisa mengangkat produk asli Suroboyo ke tingkat internasional.

“Yang penting kemasannya harus menarik dan modern, karena yang pasti pembelinya ada juga orang dari luar negeri,” tegas politisi Partai Gerindra Kota Surabaya ini.

Dia menerangkan bahwa jumlah PKL di Surabaya jumlahnya lebih dari 10 ribu, maka sebaiknya diberikan ruang yang penting tidak mengganggu akses jalan tamu-tamu dari luar negeri.

Selain itu, kata Lutfiyah, produk UKM khas Surabaya seperti souvernir wajib di display di setiap lapak atau stand, supaya diminati tamu asing saat melihat pertandingan piala dunia U20 di GBT.

“Jika perlu souvenirnya di tulis Surabaya-Indonesia, jadi bisa dikenal se antero dunia.”terangnya.

Menurut dia, saat terjadi transaksi penjualan di stand UKM saat piala dunia U20, maka pembeli asing tentu butuh guide untuk translate bahasa, sehingga dibutuhkan juga pemandu bahasa disekitar stadion GBT.

Kemudia, kata Lutfiyah di sekitar stadion GBT juga disiapkan stan money changer agar pembeli asal asing tidak bingung saat transaksi.

“Pemkot bisa kerjasama dengan Bank Indonesia atau money changer lainnya, mumpung pelaksanaannya masih satu tahun lagi, Pemkot Surabaya harus mempersiapkan space area untuk para pedagang di sekitar stadion GBT,”ungkapnya. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *