NasionalPemerintahanPeristiwa

Libatkan 19 Perusahaan, Disnakertrans Tanbu Gelar Job Fair 2022

20
×

Libatkan 19 Perusahaan, Disnakertrans Tanbu Gelar Job Fair 2022

Sebarkan artikel ini

BATULICIN (Suarapubliknews) – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) menyelenggarakan Job Fair (pameran bursa kerja) bertempat di Halaman Kantor Bupati di Gunung Tinggi, Batulicin, mulai 10 – 12 Oktober 2022.

Gelaran Job Fair tersebut dibuka Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Ambo Sakka, Senin (10/10/2022).

Kepala Disnakertrans Tanbu Avian Noor melalui Kabid Tenaga Kerja Yamani mengatakan, jika pameran bursa kerja melibatkan sebanyak 19 perusahaan yang ada di Tanah Bumbu, dan menyediakan 197 lowongan kerja diberbagai bidang.

“Tujuan kegiatan Job Fair ini untuk mempermudah para pencari kerja dalam mencari lowongan pekerjaan yang dibuka oleh perusahaan,” sebut Yamani.

Selanjutnya, dalam rangka mempermudah para pencari kerja mendapatkan Kartu AK 1 atau Kartu Tanda Pencari Kerja maka Disnakertrans menyediakan stand pembuatan Kartu AK 1 dilokasi tersebut.

Sementara itu, Sekda Ambo Sakka menyambut baik dan mengapresiasi job fair 2022 dalam rangka menghubungkan pihak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dengan para pencari kerja, dengan harapan melalui pameran bursa kerja mampu menekan angka pengangguran di Bumi Bersujud Tanah Bumbu.

Dikatakan Sekda angka pengangguran masih tinggi di Tanah Bumbu, sementara itu kebutuhan tenaga kerja juga sangat tinggi.

Seharusnya ada korelasi yang signifikan antara pencari kerja dengan kebutuhan tenaga kerja. Kalau itu terjadi maka angka pengangguran bisa ditekan.

Menyikapi itu, sambung Ambo Sakka, maka pemerintah daerah akan melakukan koordinasi dengan pihak perusahaan terkait adanya Perda yang mengatur tentang pemberdayaan tenaga kerja lokal atau tenaga kerja yang berdomisili di Tanbu yang diutamakan dalam mendapatkan pekerjaan.

Kemudian, guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Tanbu, pemerintah daerah melalui Balai Latihan Kerja (BLK) mengadakan pelatihan berdasarkan kebutuhan perusahaan kepada mereka yang sudah menyelesaikan pendidikan sehingga siap untuk masuk kedunia kerja. (q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *