Lomba Serba Ikan, Istri Bupati Zairullah Ajak PKK Desa di Tanbu Buat Produk Tahan Lama

BATULICIN (Suarapubpiknews) – Hj.Wahyu Windarti Zairullah menyampaikan bahwa ragam menu ikan akan mencerdaskan anak dan mencegah stunting serta meningkatkan imun tubuh. Menurutnya, ini ada kaitannya dengan stunting dan perlu diberantas.

Sebagai ketua tim pencegahannya maka ia mendorong untuk bisa bebas stunting melewati tim penggerak PKK Kecamatan Desa. Hal ini dia katakan dalam kegiatan lomba menu serba ikan di halaman Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu, Rabu (03/08/2022).

“Kami mohonkan dengan adanya lomba menu serba ikan ini bisa dikembangkan kedesa desa terutama kepada kader kader Posyandu dan bisa berinovasi terhadap menu ikan,artinya tidak perlu di goreng dan supaya anak anak tidak bosan dan gizinya tetap bagus guna mencegah stunting terutama ibu hamil dan ibu menyusui dan balita,” paparnya.

Ketua TP PKK daerah Hari ini menjelaskan, ada beberapa UKM yang bekerjasama dengan PKK desa. Melihat dari hasil nya tampak UKM serba basah.

“Kami menghimbau untuk UKM yang serba ikan ini agar dikembangkan atau dibuat olahan yang tahan lama.seperti kerupuk dan snak snak .agar anak dan balita mau makan kerena gizinya terpenuhi.

“Saya berharap dalam lomba ini harus dipertahankan untuk ketingkat propinsi dan jangan lengah terus lah berjuang menjadi yang terbaik,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Yulian Herawati menyebutkan tema “Ragam menu masakan ikan untuk mencerdaskan anak ,mencegah stunting dan meningkatkan imun tubuh “sementara tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan memasak para peserta lomba.

Kemudian membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat agar gemar mengonsumsi ikan dan mendukung upaya peningkatan konsumsi ikan melalui gerakan dan memasyarakatkan masakan ikan untuk mencegah atau menurunkan angka stunting serta meningkatkan Imun tubuh.

“Kita berharap angka stunting bisa dicegah melalui gemar ikan,”imbuhnya. (q cox Imran)

Reply