Megawati Dianugerahi Doktor Kehormatan dari Malaysia, PDIP Surabaya: Kami Bangga!

SURABAYA (Suarapubliknews) – Para kader PDI Perjuangan Kota Surabaya menyambut antusias penganugerahan gelar doktor kehormatan di bidang Ilmu Sosial dari Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR), Selangor, kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Prof. Dr. (H.C.) Megawati Soekarnoputri.

Gelar doktor kehormatan tersebut merupakan gelar doktor kesepuluh yang diterima Megawati. Prosesi penyerahan gelar dilakukan di Malaysia, Senin (2/10/2023).

“Keluarga besar PDI Perjuangan Kota Surabaya turut berbahagia atas momen ini. Kami semua bangga dengan kiprah Ibu Megawati yang terus bekerja untuk tanah air dan bangsa Indonesia, termasuk dalam pengembangan demokrasi dan ilmu sosial,” ujar Ketua DPC PDIP Surabaya, Adi Sutarwijono.

Dalam keterangan resmi yang dikutip banyak media, President Universiti Tunku Abdul Rahman, Malaysia, Ewe Hong Tat menyampaikan, Megawati Soekarnoputri telah memberi kontribusi kemasyarakatan yang signifikan dan mendukung perkembangan ilmu pengetahuan sosial di Indonesia. Sehingga Universiti Tunku Abdul Rahman menganugerahkan gelar doktor kehormatan kepada presiden ke-5 Indonesia tersebut.

“Dengan penganugerahan Gelar Doktor Kehormatan yang berkesan oleh UTAR ini, saya berharap Prof. Dr. (H.C.) Hj Megawati terus diingatkan akan karya baiknya untuk masyarakat; jasanya, sumbangsihnya dan prestasinya yang akan selalu tercatat dalam sejarah. Ini juga akan menjadi momen penting yang mengukir persahabatan dan saling pengakuan antara Malaysia dan Indonesia,” urai Hong Tat.

Adi Sutarwijono menambahkan, penganugerahan gelar doktor kehormatan itu menjadi bukti pengakuan publik secara global kepada pengabdian Megawati bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan. Presiden ke-5 RI itu sepanjang hidupnya mendedikasikan diri pada kepentingan kemanusiaan dan ilmu pengetahuan, termasuk memprakarsai Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang mengintegrasikan berbagai skema riset dan inovasi untuk kepentingan kemajuan bangsa.

“Ibu Megawati mempunyai keyakinan yang teguh bahwa dunia riset, termasuk pengembangan ilmu sosial, adaah fondasi bagi kemajuan bangsa. Ibu Megawati juga sosok yang selalu mendorong penguatan nilai-nilai demokrasi khas Indonesia yang tecermin pada Pancasila 1 Juni 1945,” jelas Adi.

Menurut Adi, dedikasi dan perjuangan Megawati harus diteladani oleh masyarakat, khususnya generasi muda sebagai penerus bangsa. “Generasi muda bisa belajar dari perjalanan hidup Ibu Megawati. Begitu banyak kisah inspiratif penuh keteladanan. Beliau berjuang untuk demokrasi Indonesia melawan rezim Orde Baru sehingga negeri ini bisa menikmati alam bebas demokrasi seperti saat ini,” ujarnya

“Kisah hidup beliau penuh nilai yang bisa menjadi teladan generasi muda. Kita doakan bersama beliau senantiasa sehat dan diberi kelancaran dalam menjalankan semua tugas pengabdian, termasuk membimbing kita semua para kader PDI Perjuangan untuk terus bekerja membantu masyarakat,” tutur Adi. (q cox)

Reply