NasionalPemerintahan

Menuju PILM, Dispersip Tanbu Ikuti Rakor Di Propinsi Kalsel

14
×

Menuju PILM, Dispersip Tanbu Ikuti Rakor Di Propinsi Kalsel

Sebarkan artikel ini

BATULICIN (Suarapubliknews) – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu Yulia Rahmadani hadiri Rapat Koordinasi Pengembangan Perpustakaan Kalimantan Selatan di Banjarmasin. Rakor yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan tersebut digelar selama dua hari dari tanggal 23 – 24 Mei 2022.

“Tanah Bumbu turut hadir pada rakoor tersebut. Tentunya kehadiran Dispersip Tanbu diharapkan memberikan dampak pada pengembangan perpustakaan di Kalsel maupun di Kabupaten Tanah Bumbu kedepannya,” sebut Yulia Rahmadani.

Rakoor tersebut digelar dalam rangka mendukung visi misi Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021-2026 yaitu Kalsel Maju (Makmur, Sejahtera, dan Berkelanjutan) sebagai gerbang ibukota negara, salah satu misinya yaitu membangun SDM berkualitas dan dan berbudi pekerti luhur.

Tentunya misi Kalsel tersebut selaras pula dengan misi Kabupaten Tanah Bumbu dalam rangka membangun SDM yang berkualitas yaitu membangun kualitas dan kuantitas SDM yang religius, cerdas, kreatif, dan daya saing.

Yulia menambahkan dalam rakoor pengembangan perpustakaan tersebut, ia juga menyampaikan rencana kegiatan Peningkatan Indek Literasi Masyarakat (PILM) yang akan digelar di Tanah Bumbu.

“Rencana kegiatan PILM di Tanbu kami sampaikan juga ke Kepala Perpusnas RI Syarif Bando,” kata Yulia.

Adapun rakoor Pengembangan Perpustakaan Kalimantan Selatan diikuti oleh 13 perwakilan Kepala Dispersip se-Kabupaten/Kota, kegiatan ini dibuka oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, yang diwakili Sekretaris Daerah Kalsel, Roy Rizali Anwar, dan turut dihadiri oleh Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Syarif Bando, dan Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Deni Kurniadi.

Dikutip dari MediaCenter Kalsel, dalam sambutannya, Sekda Kalsel Roy Rizali Anwar mengatakan, perpustakaan memiliki peranan penting dalam kesuksesan pelaksanaan pembangunan, khususnya dalam perwujudan sumber daya manusia yang cerdas, berkualitas, dan berdaya saing.

Mantan Kepala Dinas PUPR Kab Tanbu ini menambahkan, Provinsi Kalsel sepatutnya berbangga mengingat berbagai jenis perpustakaan sudah ada di Kalsel dan berkembang dengan baik seperti perpustakaan umum Kabupaten/Kota, perpustakaan sekolah, perpustakaan perguruan tinggi, dan perpustakaan khusus.

“Berbagai perpustakaan yang kita miliki ini, harus terus kita kembangkan, baik dari segi akses maupun layanannya. Berbenah dan berinovasi itu perlu, terlebih di era globalisasi sekarang ini dituntut untuk dapat menyesuaikan perkembangan zaman, dan perilaku generasi milenial dalam mengakses informasi dan pengetahuan,” kata Roy.

Pada kesempatan ini, Roy juga meminta kepada seluruh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan di Kalsel, untuk terus bergerak meningkatkan minat baca kepada masyarakat, terutama bagi generasi muda. (q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *