NasionalPemerintahan

Nelayan Desa Wiritasi dapat Bantuan Alat Prikanan

10
×

Nelayan Desa Wiritasi dapat Bantuan Alat Prikanan

Sebarkan artikel ini

BATULICIN (Suarapubliknews) – Nelayan Desa Wiritasi Kecamatan Kusan Hilir mendapatkan sarana prasarana tangkap dan budidaya Ikan.

Bantuan bagi nelayan kecil ini diberikan Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor, Senin (28/12/2020) di Desa Wirittasi Kecamatan Kusan Hilir.

Tujuan ini sebagai upaya dari Pemerintah Kabupaten dalam memperkuat perekonomian masyarakat pelaku perikanan dalam mengatasi dampak dari pandemi Covid-19.

Menurut Plt Kepala Dinas Perikanan Yulian Herawati, bantuan ini diperuntukkan tidak hanya bagi kelompok, namun juga bagi perorangan. Yang selanjutnya juga akan dibagikan ke beberapa wilayah di Tanah Bumbu.

Bantuan itu diantaranya seperti perahu fiber, mesin kapal, generator listrik, jaring, boks ikan, fishfinder, pompa air, jaring ikan, mesin pengaduk, serta perlengkapan perikanan lainnya.

Dikesempatan itu, Bupati H Sudian Noor meminta maaf kepada nelayan apabila bantuan itu baru bisa diserahkan sekarang. Salah satu yang menjadi kendala adalah proses pemesanan dan pengiriman yang cukup menyita waktu.

“Bantuan ini adalah bentuk komitmen pemerintah daerah dalam memperhatikan masyarakat, terutama bagi para nelayan. Hal ini patut disyukuri, karena bantuan ini juga bisa untuk perorangan,” ujarnya.

Sebelumnya lanjut Bupati, bantuan sejenis harus melalui jalur kelompok untuk mengajukan ke dinas terkait. Lalu kegiatan ini menjadi kesempatan pemerintah daerah untuk membantu langsung nelayan perorangan.

Ini juga menjadi bukti kegesitan Dinas Perikanan dalam membantu memenuhi kebutuhan warga, terutama nelayan.

Bupati berpesan kepada para penerima agar dapat memanfaatkan dan merawat bantuan itu dengan baik.

“Jangan dijual. Apabila tidak digunakan, serahkan kembali ke dinas, kemudian minta bantuan yang lain. Sebab kalau dijual, bisa diproses hukum,” pesan Sudian Noor.

Selanjutnya, pemerintah daerah juga menjajaki kolaborasi dengan daerah lain dalam bentuk kerjasama, dari pelatihan pengolahan hingga pemasaran.

Di akhir sambutan, H Sudian Noor kembali mengingatkan warga untuk menerapkan protokol kesehatan melalui 3M dalam kesehariannya, yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. (q cox, imran )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *