Jatim RayaPemerintahan

Pajak Untuk APBN 2023 Jamin Kelangsungan Pembangunan Nasional

19
×

Pajak Untuk APBN 2023 Jamin Kelangsungan Pembangunan Nasional

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) ~ Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) merupakan strategi perencanaan yang penting serta dibutuhkan oleh pemerintah dalam mengelola dan menjamin kesinambungan pembangunan nasional yang berkelanjutan.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur I P.M. John L. Hutagaol pada sambutan seminar dengan tema “APBN 2023 Menjamin Kelangsungan Pembangunan Nasional” yang diselenggarakan Perwakilan Kementerian Keuangan Jawa Timur di Aula Lantai 8, Jalan Jagir Wonokromo 104 Surabaya.

“APBN 2023 memiliki peran dan kontribusi yang strategis dalam mengelola dan memitigasi resiko atas kondisi global yang tidak pasti yang disebabkan oleh geopolitik, climate change, tingkat inflasi, dan suku bunga yang tinggi, serta instabilitas distribusi energi, pangan, dan komoditas internasional,” katanya.

Postur APBN 2023 terdiri dari pendapatan tumbuh 5,0% dari outlook APBN 2022, ditopang oleh penerimaan pajak sebesar Rp1.718,0 triliun serta kepabeanan dan cukai sebesar Rp303,2 triliun. Belanja pemerintah pusat sebesar Rp2.246,5 triliun atau 73,38% dan belanja pemerintah daerah sebesar Rp814,7 triliun atau 26,62%.

Implementasi aturan turunan Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan, penguatan basis pemajakan dan peningkatan kepatuhan wajib pajak, penguatan reformasi bidang SDM, organisasi, proses bisnis, pengawasan, dan penegakan hukum, serta Insentif pajak yang terarah dan terukur sebagai wujud dukungan kebijakan untuk penerimaan perpajakan tahun 2023.

Seminar dengan tema “APBN 2023 Menjamin Kelangsungan Pembangunan Nasional” menghadirkan keynote speaker pertama Candra Fajri Ananda Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Perumusan Kebijakan Fiskal Regional dan Indah Kurnia Anggota Komisi XI DPR RI sebagai keynote speaker kedua. Taukhid Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur dan Soni Harsono Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Surabaya Kordinator Jawa Timur didaulat sebagai narasumber, sedangkan Tugas Agus Priyo Waluyo Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Jawa Timur memberikan closing remarks pada bagian akhir rangkaian kegiatan seminar tersebut.

Hadir secara luring pada Seminar dengan tema “APBN 2023 Menjamin Kelangsungan Pembangunan Nasional” yaitu Para Pejabat Struktural Eselon II, III, dan IV Kementerian Keuangan Jawa Timur, Deputi Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur, Perwakilan Otoritas Jasa Keuangan Regional IV Jawa Tmur, Perwakilan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, kalangan perbankan, para pengusaha, Ikatan Akuntan Indonesia Jawa Timur, Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia Surabaya, Kadin Jawa Timur, Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Jawa Timur, Forum Komunikasi Pengusaha (Forkas) Jawa Timur, BPC HIPMI Surabaya, kalangan media, serta Perkumpulan Tax Center dan Akademisi Pajak Seluruh Indonesia (PERTAPSI). (q cok, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *