Pastikan Kelayakan Obat dan Makanan di Jelang Nataru, Disdagri Tanbu Sisir Toko Swalayan

BATULICIN (Suarapubliknews) – Operasi Pasar yang digelar oleh Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagri) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menyisir sejumlah mini market modern di wilayah Kecamatan Batulicin dan Kecamatan Simpang Empat. Rabu (29/12/2021).

Kepala Disdagri Tanbu H Deny Harianto menjelaskan, dalam rangka menjelang Nataru 2022 pihaknya bekerjasama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Tanbu, Polres Tanbu serta Satgas Pangan laksanakan operasi pasar.

“Kami bersama tim satgas pengawas obat makanan, hari ini laksanakan operasi pasar pada mini market modern, seperti Indomart, Alfamart dan minimarket yang berada di Kecamatan Batulicin dan Kecamatan Simpang Empat,” ujar H Deny.

Operasi pasar ini dalam rangka menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 dan difokuskan pada mini market modern yang berada di kedua wilayah tersebut.

“Target Operasi Pasar kali ini adalah mengkroscek barang yang di pajang etalase mini market, mulai dari masa berlaku produk, kemasan produk sampai dengan izin edar produk tersebut, dan ternyata ada beberapa produk yang masih terpampang di etalase sudah kedaluarsa dan ada juga yang kemasanya rusak,” lanjutnya.

Selanjutnya Kepala Disdagri mengatakan, hasil temuan barang yang kedaluarsa dan kemasan rusak di sita untuk di jadikan barang bukti, dan diberikan surat binaan kepada pemiliki minimarket tesebut.

Operasi pasar yang berbasis perdagangan, dimana tujuannya itu untuk mengecek kepatuhan para pedagang di toko modern untuk tidak memajang dan menjual barang yang kedaluarsa, rusak kemasannya dan legalitas produk barang yang dijual serta untuk menekan harga dan mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan bahan pokok di Bumi Bersujud. (q cox, Imran)

Reply