NasionalPemerintahan

Pemda Tanbu dan BPOM Bahas Kemasan Produk Berlabel Halal

28
×

Pemda Tanbu dan BPOM Bahas Kemasan Produk Berlabel Halal

Sebarkan artikel ini

BATULICIN (Suarapubliknews) – Permasalahan yang sering dihadapi dan perlu menjadi perhatian bersama yakni saat terjadi pengawasan makanan sering terdapat pencantuman logo ‘Halal’ pada kemasan produk. Sementara, kemasan yang digunakan masih banyak yang belum memenuhi standar, diantaranya soal kebersihan tempat, alat-alat produksi dan tempat pembuangan sampah.

Pernyataan ini disampaikan Kasi Farmasi Dinas Kesehatan Tanah Bumbu, Vonny Rosalina saat hadir di kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) obat dan makanan aman dan bermutu, yang bertempat di Gedung PKK Kapet Kecamatan Simpang Empat, Selasa (15/02/2022).

“Kerena itu Pemkab Tanbu selalu bekerjasama melibatkan BPOM setempat untuk melaksanakan kegiatan pengawasan terhadap pelaku usaha, konsumen secara rutin, keinginan agar masyarakat dapat terlindungi dari peredaran makanan yang tidak memenuhi syarat,” kata Vonny.

Untuk itu, lanjutnya, masih diperlukan upaya demi peningkatan pengetahuan dan kemampuan tenaga kesehatan pembina serta pelaku usaha pangan dapat memenuhi ketentuan dalam produksi makanan.

Kepala Loka POM Tanbu, Rahmat Hidayat menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan upaya dalam meningkatkan koordinasi antara BPOM dengan Pemerintah Daerah terkait efektivitas dan sinergitas pengawasan obat dan makanan yang aman dan bermutu di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Agar sosialisasi tentang obat dan makanan daerah bisa merata di seluruh kecamatan yang ada. Pada wilayah perbatasan masih perlu diawasi terkait beredarnya obat keras (obat tradisional yang mengandung kimia obat) dan kosmetik tanpa ijin edar, hal seperti itu yang perlu kita lakukan pembinaan dan cross check pengedarannya,” pungkas Rahmat.

Keterlibatan Pemkab Tanbu dalam FGD ini, digunakan untuk menuai kesempatan persamaan persepsi, melalui pertanyaan dan saran maupun sinkronsasi program kerja, terkait keamanan obat, makanan maupun produk minuman khususnya di Tanah Bumbu yang berhubungan dengan menjaga keamanan kebutuhan masyarakat.

“Terkait pengawasan obat dan makanan, kami siap berkoordinasi dan berkolaborasi dengan teman-teman dari yang turut SKPD berperan dan sekaligus ini juga merupakan tindak lanjut dari MOU antara BPOM dengan Pemkab Tanbu yang telah ditandatangani pada bulan Mei tahun lalu,” kata Kepala Loka POM Tanbu.

Untuk itu Ketua Loka POM Tanbu, juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati dan cermat dalam memilih produk pangan yang aman
sehingga produk yang digunakan dapat terjamin kualitas dan keamanannya.

“Yakni melalui Cek KLIK yakni Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar dan Cek Kedaluarsa sebelum membeli ataupun mengkonsumsi produk obat dan makanan, semoga dengan ini kita dapat terus sehat terhindar dari produk-produk yang dapat membahayakan,” tutup Rahmat.

Terkait saran dan masukan yang disampaikan para peserta melalui kegiatan ini, akan menjadi catatan bagi Loka POM Tanah Bumbu untuk terus meningkatkan kualitas program-program yang bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.(q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *