Pemkot Surabaya Gencarkan Vaksinasi Booster, Ini Cara Kelurahan Tarik Minat Warga 

SURABAYA (Suarapubliknews) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus berupaya memperluas cakupan vaksinasi booster (dosis tiga) di wilayah Kota Pahlawan. Seperti cara unik yang digunakan oleh Lurah Tanah Kali Kedinding Kota Surabaya, yakni menggelar vaksinasi booster sambil memberikan doorprize berupa sembako bagi warga yang mengikuti vaksinasi.

Lurah Tanah Kali Kedinding Kota Surabaya Anggoro Himawan mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya untuk menarik minat warga melakukan vaksinasi booster. Sebab, pihaknya ingin memberikan kemudahan dalam mengakses pelayanan vaksinasi, dengan menggelar pelaksanaan vaksin pada malam hari setelah warga pulang kerja.

“Karena kalau pagi hingga sore, masyarakat masih sibuk bekerja. Kalau malam seperti ini tentunya mereka banyak waktu luang. Apalagi ditambah dengan undian doorprize, warga semakin tertarik mengikuti vaksinasi,” kata Anggoro yang ditemui di Balai RW 4 Jalan Tanah Merah 1/28 Kota Surabaya, Kamis (21/7/2022) malam.

Selain digelar pada malam hari, pelaksanaan vaksinasi booster ini juga dilakukan secara bergantian di setiap Balai RW di wilayah Kelurahan Tanah Kali Kedinding Kota Surabaya. Hasilnya, selama dua minggu digelar, sudah masuk dua kali putaran pelaksanaan vaksinasi. Tiap harinya, paling tidak ada 150-200 warga yang mengikuti vaksinasi booster tersebut.

“Setiap malam, ada satu atau dua RW di wilayah kami yang menggelar vaksinasi booster. Kegiatan ini biasanya didominasi oleh ibu-ibu, karena mereka tertarik dengan hadiah undian berupa 1 liter minyak goreng, atau 1 kg gula pasir, maupun undian telur ayam,” terang dia.

Pemilihan undian doorprize berupa sembako ini tidak asal pilih. Sebab, per lima warga yang mendaftar vaksin, barulah dilakukan undian. Setiap undian, satu jenis sembako akan berikan kepada warga. Selain itu, doorprize sembako yang diberikan, berasal dari sumbangan warga sekitar.

“Selain ada peraturan kewajiban vaksinasi booster untuk aktivitas warga di ruang publik, kegiatan ini juga didukung oleh masyarakat sekitar dengan menyumbangkan sembako untuk pelaksanaan doorprize. Setiap malam, kami menggelontorkan sekitar 10-15 item sembako, masing-masing warga mendapat satu item sembako dari hasil undian,” ujar dia.

Anggoro tak memungkiri, bahwa minyak goreng masih menjadi primadona dalam undian doorprize pelaksanaan vaksinasi booster. Karena, banyak ibu-ibu yang menanyakan stok ketersediaan minyak goreng, dari pada stok ketersediaan vaksin. “Hebohnya dari ibu-ibu ya, mungkin karena mendapat minyak goreng gratis jadi sering bertanya stok minyaknya,” candanya.

Dengan inovasi dan cara unik yang dibuat oleh Kelurahan Tanah Kali Kedinding ini, Anggoro menjelaskan bahwa terlihat antusias warga sekitar yang berbondong-bondong untuk datang dan mengikuti vaksinasi. Tak hanya itu, pihaknya juga menyediakan layanan pengecekan gula darah bagi lansia.

“Kalau menggelar vaksinasi biasa, satu malam hanya mencapai 50 orang saja. Tetapi kalau menggelar vaksin dengan doorprize bisa mencapai 150-200 orang. Untuk malam ini, stok vaksin yang tersedia adalah jenis vaksin Sinovac dan Pfizer,” jelasnya.

Disisi lain, ia tak menutup  jika ada warga di luar Kelurahan Tanah Kali Kedinding Kota Surabaya,  yang ingin melakukan vaksinasi di wilayahnya. “Semua warga Kota Surabaya bisa datang untuk melakukan vaksin, monggo (silahkan) siapa saja boleh datang, asalkan memiliki KTP atau KK,” kata dia.

Seperti halnya Umi Rindra Ningsih (58) warga Jalan Tanah Merah Selatan Kota Surabaya datang untuk mengikuti vaksinasi booster. Ia didampingi sang anak, Eni (39) mengaku langsung mendatangi Balai RW 4 Jalan Tanah Merah 1/28 Kota Surabaya, setelah mendapat informasi dari Kader Surabaya Hebat (KSH) di wilayah tempat tinggalnya. Ia tak menyangka, bahwa niatan untuk mengikuti vaksinasi booster juga mendapat undian doorprize berupa 1 liter minyak goreng.

“Memang saya ingin melakukan vaksinasi booster, karena saat awal pelaksanaan vaksin booster, saya sedang sakit. Maka, saya harus menunda dan Alhamdulillah pulang-pulang dapat hadiah minyak goreng,” kata Umi.

Senada dengan hal itu, Mujiono (67) warga Jalan Tanah Merah Indah Kota Surabaya memilih untuk mengikuti vaksin booster yang ada di Balai RW 4 Jalan Tanah Merah 1/28 Kota Surabaya adalah lebih mudah dijangkau dari tempat tinggalnya. Sambil diantar anaknya, ia juga tidak menyangka bahwa akan memenangkan undian 1 kg gula pasir.

“Alhamdulillah saya vaksin booster dan dapat gula pasir juga. Saya mendapat informasi ini dari Ketua RT di rumah, setelah anak saya pulang kerja, saya diantar untuk ikut vaksinasi,” pungkasnya. (q cox)

Reply