Pengurus Dekranasda Kabupaten Tanbu Periode 2021-2024 Dilantik

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Hj. Wahyu Windarti Zairullah dilantik sebagai ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tanah Bumbu Masa Jabatan Periode 2021-2024.

Istri orang nomor satu di Bumi Bersujud ini dilantik bersamaan pengurus Dekranasda Kabupaten Kota lain di Kalimantan Selatan melalui Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Selatan, Hj. Raudatul Jannah.

Pelantikan dilakukan secara virtual, dan diikuti melalui ruang Digital Live Room (DLR), Selasa (15/11/2021). Serta dihadiri Bupati Tanah Bumbu HM Zairulah Azhar, Kepala Dinas Perdagangan dan Industri dan seluruh pengurus Dekranasda Bumi Bersujud.

Ketua Dekranasda Provinsi Kalimatan Selatan, Hj. Raudatul Jannah Sahbirin dalam sambutannya mengatakan, pelantikan pengurus Dekranasda ini hendaknya dipahami sebagai langkah awal organisatoris untuk memulai kiprah dalam berkarya, demi menumbuhkan dan mengembangkan industri kerajinan menuju kesejahteraan masyarakat di masing – masing Kabupaten Kota.

“Selanjutnya kepada ketua dan pengurus yang baru saja dilantik sisa masa jabatan periode 2021-2024, saya mengucapkan selamat mengemban amanah mulia ini. Semoga dengan kerja keras melalui koordinasi dan kolaborasi bersama pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten kota dan stakeholder lainnya.”tuturnya.

Sejatinya diharapkan dapat menciptakan perajin-perajin yang tangguh dan mampu menjadi garda terdepan dalam konteks pemberdayaan industri kerajinan demi mewujudkan jati diri masyarakat sebagai modal utama dalam pembangunan di Kalimantan Selatan.

Isteri Gubernur Kalimantan Selatan ini pun berpesan, setelah pelantikan, tugas utama yang harus dilakukan oleh ketua dan pengurus Dekranasda adalah melaksanakan rapat kerja daerah sebagai amanat konstitusi Dekranas tahun 2021.

Tugas utama ini, sebut Raudatul Jannah, menjadi prioritas dalam menjalankan amanah sebagai ketua dan pengurus Dekranasda Kabupaten Kota.

Lanjutnya, acara pelantikan ini, membuktikan komitmen dan konsistensi Dekranasda Provinsi Kalimantan Selatan untuk terus mendorong, mendukung gerakan pemberdayaan dan pengembangan industri kerajinan sebagai gerakan nasional yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat, demi terwujudnya kesejahteraan dan kemandirian industri kerajinan di daerah.

Raudatul Jannah lantas mengingatkan terkait dalam menetapkan program kerja untuk masa jabatan 2021-2024 ini, tetap berlandaskan pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Dekranas tahun 2021.

Dimana program dan kegiatan yang nantinya disusun dan ditetapkan harus memberikan sentuhan dari penjabaran terhadap visi dan misi masing-masing Pemerintah Kabupaten Kota.

Diharapkan lagi, pola kemitraan antara Dekranasda dan Pemerintah dapat terus terjalin dalam upaya meningkatkan kesejahteraan hidup para pelaku industri kerajinan, dengan tetap memanfaatkan potensi dan kearifan lokal yang berada di kecamatan, desa dan kelurahan sebagai modal sosial-ekonomi.

Pada konteks inilah, imbuhnya, Dekranasda sebagai wadah berhimpun pelaku industri kerajinan perlu mendapat sentuhan melalui pembinaan, pendampingan secara masif dan berkelanjutan bagi peningkatan produktivitas pelaku industri kerajinan di Kabupaten Kota.

“Disinilah dibutuhkan tekad dan komitmen yang teguh dari ketua dan pengurus Dekranasda demi kemajuan industri kerajinan di Kabupaten Kota, bagi penciptaan iklim usaha, penyerapan tenaga kerja produktif, meningkatnya nilai produksi dan investasi, yang pada akhirnya bermuara pada kesejahteraan hidup pelaku industri kerajinan,” pinta Raudatul Jannah.

Untuk itu, Raudatul Jannah mengajak kepada seluruh pengurus, melalui momentum pelantikan pengurus Dekranasda ini, harus dijadikan motivasi dan inspirasi bagi para pelaku industri kerajinan untuk terus meningkatkan produktivitas kerja, terutama dalam menghadapi persaingan global yang sangat kompetitif. (q cox, Imran)

Reply