Peringati HUT ke – 77 Provinsi Jatim, Wali Kota Eri Cahyadi Sambut Kirab Bendera Pataka Jer Basuki Mawa Beya

SURABAYA (Suarapubliknews) – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyambut bendera Pataka Provinsi Jawa Timur “Jer Basuki Mawa Beya” di halaman Kantor Balai Kota, Taman Surya, Jumat (16/9/2022). Penyambutan bendera pataka Jer Basuki Mawa Beya itu sebagai tanda memperingati Hari Jadi ke – 77 Provinsi Jawa Timur.

Prosesi penyambutan bendera pataka Jer Basuki Mawa Beya hari ini, turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surabaya, Hendro Gunawan, jajaran Asisten, Kepala PD dan Forkopimda Surabaya.

Bendera pataka itu sebelumnya dilepas pada pukul 06.00 WIB oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi. Setelah itu, bendera pataka Jer Basuki Mawa Beya tersebut dibawa oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Jatim, Muhammad Hadi Wawan Guntoro, selaku pemimpin kirab menuju ke Balai Kota untuk diserahkan langsung kepada Wali Kota Eri Cahyadi.

Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan, bendera pataka Jer Basuki Mawa Beya akan singgah di seluruh wilayah kabupaten/kota se-Jawa Timur. “Hari ini pemberangkatan pertama dari Provinsi Jatim, diberikan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Kemudian lanjutkan dari Pemkot Surabaya diberikan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo,” kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Setelah bendera pataka itu diterima oleh Wali Kota Eri Cahyadi, kemudian diberikan kepada Kasatpol PP Kota Surabaya, Eddy Christijanto. Setelah itu, Kasatpol Eddy Christijanto mengantarkan bendera tersebut kepada Pemkab Sidoarjo. Selain bendera pataka Jer Basuki Mawa Beya, yang dikirab keliling ke kabupaten/kota se-Jatim itu diantaranya, ada simbol Satpol PP, Perlindungan Masyarakat, Pemadam Kebakaran dan bendera Hari Jadi ke – 77 Provinsi Jatim.

Sebelum bendera pataka itu diantar menuju ke Pemkab Sidoarjo, Wali Kota Eri Cahyadi membacakan Ripta Prasati dari Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Dalam Ripta Prasasti itu dijelaskan, Gubernur Jatim Khofifah mengajak seluruh pimpinan kepala daerah untuk senantiasa menjaga konsistensi dalam sinergitas dan kolaborasi dalam membangun kemajuan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jatim.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Eri Cahyadi turut menyampaikan selamat Hari Jadi ke – 77 Provinsi Jatim, ia berharap Provinsi Jatim semakin lebih baik lagi ke depanya dan terus bersinergi dengan seluruh kabupaten/kota, khususnya Pemkot Surabaya.

“Sinergi dan kolaborasi bersama Provinsi Jawa Timur, begitu pula dengan arahan Bu Gubernur, maka Surabaya juga akan semakin lebih baik lagi di waktu yang akan datang. Selamat Hari Jadi ke – 77 Provinsi Jawa Timur,” pungkasnya. (Q cox)

Reply