NasionalPemerintahan

Perjalanan Menuju Jakarta, Mensos Risma Singgah dan Sapa Penyandang Disabilitas Intelektual di Ponorogo

9
×

Perjalanan Menuju Jakarta, Mensos Risma Singgah dan Sapa Penyandang Disabilitas Intelektual di Ponorogo

Sebarkan artikel ini

PONOROGO, (Suarapubliknews) – Tidak perlu menunggu hari kerja. Tri Rismaharini memulai tugas negara sebagai Menteri Sosial, pada libur panjang akhir pekan, Minggu (27/12/2020). Dalam perjalanan dengan jalur darat menuju kantor barunya di Jakarta, Risma dan rombongan singgah di Desa Krebet, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo. MINGGU (27/12/2020)

Risma dan rombongan menyapa para penyandang disabilitas intelektual yang mendapatkan program pemberdayaan dengan pemberian layanan vokasional. Risma menyatakan, Kementerian Sosial berkomitmen penuh meningkatkan kemandirian para penyandang disabilitas intelektual.

“Mereka harus punya kemandirian dengan perlahan mengurangi ketergantungan kepada orang lain. Saya juga bawa bibit lele, nanti kita liat progresnya. Kalo ini bagus bisa diberdayakan untuk yang lain. Memang berat. Tapi harus dilakukan,” katanya.

Namun bantuan yang dimaksud Risma, bukan sekedar berupa bantuan yang bersifat charity , melainkan yang bisa memastikan aspek keberlanjutan. “Jadi ke sini lalu memberikan bantuan. Bukan begitu. Tapi aspek keberlanjutannya harus diperhatikan,” katanya.

Untuk itu, ia sudah berkomunikasi dengan berbagai pihak. Termasuk dengan Kementerian Kesehatan karena perlu mendapatkan penanganan juga dari aspek medis. “Dari Kementerian Kesehatan perlu kami mendapatkan dukungan medis. Nah ini kan tidak di sini saja. Saya juga mengamati di daerah-daerah lain di Indonesia,” katanya.

Risma berkomitmen menangani fonemena banyaknya penyandang disabilitas intelektual sebagaimana terdapat di Desa Krebet, dan kawasan lain di Kabupaten Ponorogo. Untuk keperluan itu, Risma sudah menghubungi sejumlah rektor, seperti Rektor Universitas Papua, Rektor Universitas Nusa Cendana di NTT, dan Rektor Universitas Cendrawasih.

“Ini kan bukan hanya masalah budaya, atau apa. Yang tahu antropolginya itu kan kampus. Saya perlu pandangan ahli sebelum membuat kebijakan,” katanya. Dalam kesempatan itu, Risma menyerahkan bantuan kepada penyandang disabilitas berupa kursi roda, walker, dan kruk.

Selain itu Risma juga menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD), alat peraga edukasi, sembako, alat peraga edukasi, peralatan belajar anak, sheltered workshop, layanan home care dan day care, dan sebagainya.

Risma juga khusus membawa bantuan sambel goreng tempe yang dibeli dari industry rumahan di kawaan Doly Surabaya yang sudah berganti rupa menjadi pemukiman warga.

Melului Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual “Kartini” di Temanggung, Kemensos bermitra dengan beberapa Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) termasuk LKS “Rumah Kasih Sayang”, memperkuat layanan rehabsos untuk kawasan ini. (q cox, Biro Humas Kemensos RI)

Foto by Irwan Susanto Biro Humas Kemsos RI

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *