Persiapkan Millenial Unggul yang Nasionalis, Bambang DH Gelar Sosialisasi 4 Pilar dengan Konsep Kekinian

SURABAYA (Suarapubliknews) –Bambang Dwi Hartono anggota Komisi III DPR RI memiliki cara berbeda untuk menarik minat generasi muda. Jika biasanya dalam Sosialisasi 4 Pilar MPR RI peserta hanya mendapatkan wawasan mengenai Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Pilar Bhinneka Tunggal Ika, namun kegiatan diramu dengan Workshop Personal Branding.

Acara tersebut diharapkan bisa membantu mempersiapkan generasi millenial yang unggul dan berkarakter nasionalis.

“NKRI harus tetap bersatu, meskipun Indonesia pernah melalui beberapa kerusuhan-kerusuhan besar. Lihat perang Ukraina dan Rusia, banyak kerusakan dan kerugian yang ditimbulkan,” ujar Bambang DH, di Gedung Graha Prof. Roesalan Abdulgani Untag Surabaya, Minggu (20/3/2022).

Menurut Bambang DH, hingga sekarang bangsa Indonesia masih berusaha menggapai cita-cita tersebut. Kerusuhan yang pernah terjadi sebelum kemerdekaan hingga sekarang, contohnya peristiwa kerusuhan Ambon, Jakarta ataupun Peristiwa 98, harus dijadikan pegangan bahwa negara wajib tetap nenanamkan nilai 4 Pilar MPR RI.

“Kalian generasi muda millennial inilah yang menjadi masa depan bangsa. Saya optimistis dengan bekal skill yang bagus dan tentunya dibarengi semangat nasionalisme, generasi unggul bisa dimiliki Indonesia. Saya titip ke kalian semua, ilmu yang didapat di sini ditularkan ke teman-temannya,” katanya.

Masyarakat pun tetap diimbau berpegang teguh pada Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. “Dengan berpegang teguh pada empat pilar kebangsaan, maka kita bisa mempertahankan kelangsungan berbangsa dan bernegara,” tandasnya.

Kemasan acara yang kekinian dan interaktif ini mendapat apresiasi dari pembicara utama, Pakar Komunikasi Unair, Suko Widodo. ” Saya sangat senang dengan Pak Bambang yang bisa menggabungkan hal yang dibutuhkan generasi muda dalam kegiatan yang apik dan tentunya tidak membosankan ini,” kata Suko.

Para peserta yang rata-rata merupakan siswa SMA/SMK dan mahasiswa tampak antusias mengikuti kegiatan. Saat Suko Widodo membawakan materi dengan tema ‘Membangun Personal Branding di Era Digital’, peserta antusias menjawab pertanyaan maupun bertanya.

Ia juga menegaskan kepada peserta bila pribadi yang maju akan menjadikan bangsa yang maju juga. “Rasa peduli dan ramah harus dimiliki,” kata Suko.

Ia juga membagikan tips yang dapat dilakukan para peserta sosialisasi ini. “Luangkan waktu untuk menghadiri acara-acara offline dan bertatap muka dengan orang lain. Di dunia maya, Anda perlu berinteraksi dengan para kolega secara reguler, misalnya membalas komentar, menjawab pertanyaan, dan sebagainya” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, peserta juga mendapatkan materi tentang penulisan untuk media mainstream maupun media sosial, videografi dan public speaking. Salah satu peserta, Joana yang merupakan mahasiswa di Surabaya mengaku sangat beruntung bisa mengikuti acara ini.

“Senang banget. Awalnya tadi pas lihat 4 Pilar MPR RI langsung menebak-nebak. Namun setlah Pak Bambang menjelaskan dan mengaitkan dengan fenomena-fenomena terbaru, saya jadi paham. Apalagi ditambah ilmu public speaking, video dan penulisan. Saya semangat sekali,” katanya.

Hal senada diungkapkan Alhamdulillah. Peserta pria dengan nama unik ini mengaku makin paham dengan apa yang dimaksud 4 Pilar kebangsaan. “Suka sih, apalagi pemberian materinya tidak kaku. Asyik,” ujar remaja yang masih duduk dibangku SMA ini. (q cox)

Reply