Peristiwa

Pimpinan DPRD Surabaya Minta Pemkot Gencarkan Edukasi ke Warga Rusun soal Pentingnya Vaksinasi

13
×

Pimpinan DPRD Surabaya Minta Pemkot Gencarkan Edukasi ke Warga Rusun soal Pentingnya Vaksinasi

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Astuti mengunjungi Rumah Susun Sombo yang terdapat 10 blok di daerah Simokerto. Kedatangan pimpinan dewan ini dalam rangka sosialisasi terkait proses vaksinasi bagi warga rumah susun. Kamis (3/6221) siang

Selain meninjau kondisi rusun, Reni Astuti juga menyapa dan menanyakan kesiapan para penghuni Rusun Sombo menjelang vaksinasi pada minggu (6/6/2021) mendatang.

Tiba di lokasi, Reni yang menyusuri bangunan Blok E Rusun Sombo lantas tidak henti-hentinya mengajak dan menghimbau warga agar berani disuntik vaksin. Saat ditanya, sejumlah penghuni lansia mengaku telah mengikuti vaksinasi. Mereka bahkan menunjukan bukti vaksinasi ketika memberikan keterangan perihal tidak adanya keluhan berarti yang dirasakan setelah disuntik.

Reni berharap agar Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dapat melakukan edukasi, sosialiasi, serta melakukan upaya persuasif terhadap para penghuni rusunawa.

“Saya mendorong Pemkot agar melakukan pendekatan humanis bagi para penghuni yang masih enggan divaksin, bisa didekati melalui tokoh masyarakat, pengurus RW, maupun pengurus rusun setempat,” ucap politisi perempuan asal Fraksi PKS ini.

“Perlu disampaikan secara baik-baik, sehingga saya tidak setuju  jika ada konsekuensi bila menolak divaksin agar mencari hunian di luar rusun sebagai mana tercantum di pengumuman Dinas Tanah dan Pengelolaan Bangunan no. 000/4461/436.7.11/2021 tertanggal 2 Juni 2021, ketika saya menemui warga dan memahamkan tentang vaksinasi dan kesiapan mereka, warga ternyata bisa menerima dengan baik. Sosialisasi dan edukasi  harus dikedepankan Pemkot daripada memberi ancaman tidak boleh tinggal di rusun,” jelasnya.

Di akhir kunjungannya, Reni bahkan menggandeng salah seorang warga bernama Siti Aisyah, untuk menyempatkan membuat video yang kontennya kampanye tentang ajakan mengikuti vaksinasi bagi para penghuni rusun.

“Ayo ikut vaksinasi supaya covid cepat selesai. Mari kita sama-sama berani suntik vaksin agar sehat dan selamat dari virus corona. Aku gak wedi divaksin, aku wedi nek gak duwe duwik,” ucap Aisyah

Politisi perempuan PKS juga bersosialisasi dengan para penghuni rusun lainnya, baik para pedagang maupun para kader kesehatan. Sejumlah warga nampak tengah beraktivitas membuat olahan makanan untuk dijual, mulai dari aneka jajanan basah maupun kering hingga kudapan seperti bubur madura.

Muhammad Yusuf Ketua RT09 Blok E Rusun Sombo ikut serta mendampingi. Dirinya menyampaikan terkait kedatangan Reni Astuti ke Rusun Sombo. “Kedatangan bu Reni kemari sebagai wujud perhatian kepada kami. Komunikasi ke penghuni rusun juga sangat ramah dan mendengarkan keluh kesah warga,” ujar Yusuf.

Baginya, Reni begitu tanggap dan senantiasa melayani warga. “Tadi bu Reni sempat mengecek beberapa titik rusun, seperti dapur hingga kamar mandi umum, berbagai aspirasi yang kami utarakan nantinya akan disampaikan dan diusulkan kepada pihak Pemkot agar mendapatkan perhatian dan perbaikan, terkait rencana vaksinasi bagi penghuni rusun semoga berjalan lancar,” harapnya. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *