Jatim RayaPemerintahan

Pisah Sambut Kasdam V / Brawijaya, Wagub Emil Dorong Perkuat Sinergitas Demi Kondusifitas Jatim

36
×

Pisah Sambut Kasdam V / Brawijaya, Wagub Emil Dorong Perkuat Sinergitas Demi Kondusifitas Jatim

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Sarapubliknews) ~ Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mewakili Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri acara Lepas Sambut Kasdam V / Brawijaya, Rabu (17/5).

Bertempat di Gedung Balai Prajurit Kodam V / Brawijaya, jabatan Kasdam V / Brawijaya resmi berganti. Dari yang semula dijabat oleh Brigjen TNI Piek Budyakto, S.H., M.H. kini dijabat oleh Brigjen TNI Niko Fahrizal, S.Tr. (Han). 

Kepada Brigjen TNI Piek Budyakto yang telah menjabat sebagai Kasdam V / Brawijaya selama 1 tahun 2 bulan, Wagub Emil menyampaikan terima kasih atas sinergitas yang telah terbangun antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan jajaran Kodam V / Brawijaya. Berkat sinergitas itu pula, suasana kondusif di Jatim bisa tetap terjaga hingga detik ini. 

“Banyak yang mengira bahwa kondusifitas itu ibarat _taken for granted_ atau kondisi yang terjadi secara otomatis. Padahal suasana kondusif yang terjadi di Jatim hingga hari ini merupakan jerih payah TNI dan Polri,” ujarnya.

Untuk itu, Wagub Emil menekankan pentingnya jalinan sinergitas antara Pemprov Jatim beserta jajaran Forkopimda terutama TNI dan Polri. Menjalin sinergitas dan kolaborasi dengan unsur TNI dan Polri menjadi salah satu prioritas Pemprov Jatim. “Dan melihat rekam jejak Brigjen TNI Niko Fahrizal, saya optimis sinergitas yang telah terjalin bisa semakin kuat ke depannya. Selamat bertugas, semoga betah di Jatim,” imbuhnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Wagub Emil juga memuji sosok Brigjen TNI Piek Budyakto dan Pangdam Farid Makruf yang dikenal murah senyum kepada masyarakat luas. “Inilah wajah TNI hari ini, wajah kemanunggalan TNI dengan rakyat. Ini juga menjadi pelecut bagi kami di Pemprov Jatim untuk senantiasa terbuka dalam bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak,” ujarnya. 

Sementara itu, Pangdam V / Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, M.A. mengamini apa yang telah disampaikan oleh Wagub Emil. Bahwa seringkali kondusifitas yang ada dianggap sebagai sesuatu yang diperoleh tanpa kerja keras. 

“Padahal dibutuhkan perjuangan dan sinergitas kuat antara TNI, Polri, Pemerintah Daerah, hingga para stakeholder terkait untuk bisa menjaga kondisifitas di suatu daerah. Dan Alhamdulillah Forkopimda dan stakeholder di Jatim sangat kompak,” ujarnya.

Selain itu, Pangdam Farid Makruf juga menegaskan bahwa di era milenial ini tidak akan ada _single power_ yang bisa meraih kemenangan. Dibutuhkan kolaborasi dan sinergitas dengan berbagai pihak terkait untuk bisa menghadapi dinamika permasalahan yang semakin kompleks. “Terlebih di era keterbukaan informasi saat ini, sinergitas dengan beragam pihak mutlak sangat diperlukan,” tandasnya. 

Sebelum acara diakhiri, Wagub Emil juga sempat memberikan cindera mata untuk mantan Kasdam V / Brawijaya Brigjen TNI Piek Budyakto yang sekarang mengemban tugas di Kementerian Pertahanan RI. 

Tampak hadir pula Pangdam V / Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, M.A., dan Wakapolda Brigjen. Pol. Akhmad Yusep Gunawan. Suasana hangat terpancar ketika ketiga unsur pimpinan daerah ini duduk bersama. (q cok, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *