Presiden Joko Widodo: UK Petra Berkontribusi Bagi Peningkatan Kualitas SDM Indonesia

SURABAYA (Suarapubliknews) – Delightful Petra, Delighted World, Dies Natalis Universitas Kristen Petra ke-60 yang jatuh pada tanggal 22 September 2021 menjadi momen berharga.

Rektor UK Petra, Surabaya Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M. Eng. mengatakan dibayangi semua situasi yang serba sulit akibat virus COVID-19 ini, hanya karena Kasih Karunia Tuhan saja bisa melalui tahun 2020/2021 di tengah banyak berita duka serta berkat, prestasi hingga pengakuan dari masyarakat.

“UK Petra hari ini genap berusia 60 tahun, kiranya Tuhan tetap menjadi nahkoda kehidupan. Mari kita membuang hal yang tidak benar, dan mengadopsi hal yang semestinya dilakukan, serta siap menanggapi berbagai perubahan,” katanya.

Situasi pandemi membuat Dies Natalis UK Petra ke-60 masih dilakukan secara daring melalui zoom meeting dan Youtube mulai pukul 09.30-12.30 WIB pada 22 September 2021. Sebagai puncak acara, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo berkenan memberikan sambutannya.

“Selamat Dies Natalis ke-60 untuk Universitas Kristen Petra. Dengan rekam jejak teruji telah melahirkan lebih dari 45 ribu alumni yang berkiprah di berbagai bidang tersebar di seluruh dunia. Ini artinya UK Petra telah berkontribusi penting bagi peningkatan kualitas SDM Indonesia selama lebih dari setengah abad,” ungkap Presiden Joko Widodo.

Tak hanya itu, Presiden RI ke-7 turut mengapresiasi peran dan kontribusi UK Petra, Surabaya bagi dunia pendidikan di Tanah Air untuk menjadi Perguruan Tinggi Asuh bagi 10 Perguruan Tinggi Swasta di Medan, Denpasar, Sumba Timur, Alor, Kupang, Soe dan Jawa Timur. Presiden RI mengajak untuk terus secara sadar ikut memajukan pendidikan di daerah Indonesia Timur agar masyarakat memperoleh akses pendidikan tinggi yang berkualitas.

Ketua Panitia Acara Dwi Setiawan, S.S., MA-ELT, Ph.D. mengungkapkan perayaan ini dibagi menjadi tiga segmen yaitu pembukaan, acara utama dan penutup. “Sengaja acara kali ini kami kemas lebih interaktif. Oleh karena itu kami mengajak para sivitas hadir dalam zoom meeting agar bisa saling menyapa satu sama lain sebelum acara di mulai,” urainya.

Acara pembukaan diwarnai dengan penayangan video-video tentang perjalanan sejarah dan wawancara interaktif dengan dosen dan tenaga kependidikan UK Petra. Sedangkan dalam acara utama digelarlah acara pemberian berbagai penghargaan diberikan pada sivitas UK Petra. Mulai dari penghargaan beasiswa pada mahasiswa, dosen berprestasi, hingga dosen dan tenaga kependidikan yang telah mengabdikan dirinya pada UK Petra.

Jumlah penerima beasiswa internal UK Petra di Tahun Anggaran 2020/2021 tercatat sebanyak 1.428 mahasiswa dengan total dana sebesar Rp. 11.618.088.750,00. Beasiswa ini diberikan untuk berbagai kategori antara lain Prestasi Akademik, Petra Peduli, Petra Peduli Covid-19, Kawasan Timur Indonesia (KTI), Putra-Putri Pegawai UK Petra, Putra-Putri Pegawai Perhimpunan Pendidikan dan Pengajaran Kristen Petra (PPPK Petra), Putra-Putri Anggota Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Petra (YPTK Petra), Putra-putri Guru Sekolah Mitra, Putra-Putri Pendeta, Pemenang Lomba UK Petra, Mitra Prestasi Sains dan Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Selain itu tersedia juga beasiswa yang bersumber dari donatur eksternal. Besaran dana beasiswa eksternal yang diterima di TA 2020/2021 sebesar Rp. 1.567.196.500, yang diterima oleh 261 mahasiswa dikelola oleh Office of Institutional Advancement (OIA) UK Petra.

Perayaan Dies Natalis juga diramaikan dengan penyerahan penghargaan yaitu Petra Kencana Karya kepada dosen dan tenaga kependidikan yang telah mengabdikan diri selama 20 tahun di UK Petra. Petra Kencana Karya dibagikan kepada 23 orang. Selain Petra Kencana Karya, Petra Kencana Bhakti juga diberikan kepada 10 orang dosen dan tenaga kependidikan yang telah mengabdi di UK Petra selama 30 tahun.

UK Petra terus mendorong para dosen yang memiliki kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tertinggi dengan memberikan penghargaan. Di antaranya penghargaan diberikan kepada Antoni, S.T., M.Eng., Ph.D., sebagai dosen dengan Kinerja Penelitian Terbaik untuk bidang Eksakta dan Teknik 2021.

Sedangkan Dr. Ir. Hotlan Siagian, M.Sc., dengan dosen Kinerja Penelitian Terbaik bidang Sosial dan Humaniora 2021. Dosen dengan kinerja Abdimas Tertinggi 2021 diraih oleh Lily Puspa Dewi, S.T., M.Kom. Apresiasi penghargaan juga diberikan pada dosen muda dengan kinerja Penelitian Terbaik 2021 yaitu Doddy Prayogo, S.T., M.T., M.Sc., Ph.D.

Acara penutupan diisi dengan video-video ucapan selamat dari para rekan UK Petra mulai dari pemerintah, akademisi dan mitra lainnya. Tak hanya itu, juga diumumkan pemenang Wasis Sastroredjo Cup untuk Bulan Olah Raga Petra (BOP) yang berhasil menjaring 123 runners dalam event ini. (q cox, tama dinie)

Reply