Rapat Pengurus Lembaga Ade Ogi Dihadiri Bupati terpilih H.M. Zairullah Azhar

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Rapat pengurus Lembaga Ade’ Ogi Kabupaten Tanah Bumbu dihadiri oleh Bupati terpilih, dr. HM. Zairullah Azhar. yang bertempat digedung juang 7 Februari pagatan Kecamatan Kusan Hilir pada Sabtu ( 23/1/2021).

Lembaga yang diketuai oleh H. Fawahisah Mahabatan SE.SH, ini, Zairullah berpesan agar lembaga ini tidak hanya membicarakan pesta pantai mappandre ri tasi saja, tapi lebih dari pada itu, adat suku Bugis yang lain juga dapat di perkenalkan kembali. “adat suku bugis juga diperkenalkan,” pinta Zairullah.

Selain menyampaikan pesan untuk lembaga Ade Ogi, Zairullah juga menyampaikan programnya yang akan datang di sektor perikanan. Program itu seperti membangun kantor perikanan di Pagatan agar para nelayan dapat lebih maju.

Sementara itu, Pendiri berdirinya Lembaga Ade Ogi, Hamsuri berpesan, Lembaga ini kedepan agar benar menjadi Lembaga yang dapat memajukan Adat Suku Bugis bukan Lembaga menjadi tempat penghasilan bagi anggotanya.

“Dan setiap ada dana harus dipergunakan, dan dipertanggung jawabkan,” jelas Hamsuri.

Adapaun agenda rapat Lembaga Ade Ogi Tanbu ini, membicarakan arah Lembaga yang awalnya lingkup Bugis pagatan kusan Hilir saja, sekarang menjadi lembaga lingkup Bugis se Tanah Bumbu dan membentuk pengurusnya.

Rapat kali ini menghasilkan terbentuknya kepengurusan yang baru, antara lain, Ketua H.Fawahisa Mahabatan. Wakil ketua satu Syamsir, membawahi bidang Penata Adat , Wakil Ketua dua Arianto Sani Membawahi Bidang Pengarahan Massa, Wakil Ketua tiga H.M Shaleh membawahi bidang perlengkapan dan dekorasi, Wakil Ketua empat H. M Aini membawahi bidang seni budaya, Wakil Ketua lima, H.M.Kadir membawahi bidang Humas dan Pemerintahan, wakil ketua enam Hj. Darwati membawahi bidang Peranan Perempuan, dan Wakil Ketua tujuh membawahi bidang Pubdok.

Lembaga Ade’ Ogi Tanbu berdiri sejak tahun 2005. Lembaga ini didirikan oleh tujuh Pendiri yakni H. Hamsuri, H. Musaid, Rizal Mahdi, H. M.Kadir, Mahmud Mansyur, H. Jamaluddin H. M. Rusdi dengan akta Notaris Nomor 8 tanggal 08 April 2008.

Mereka berharap agar Lembaga ini benar – benar dapat menyatukan seluruh warga bugis agar dapat menyatu dalam satu wadah yang bernama Lembaga Ade Ogi Tanbu. (q cox, imran)

Reply